Mengharukan, Mahasiswa PKL FASYA IAIN Pontianak Bantu Mualaf Baca Syahadat di KUA Kembayan

0
185 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Mahasiswa FASYA IAIN Pontianak turut mengambil bagian penting dalam pelaksanaan islamisasi secara legal dikantor KUA Kembayan, Pelaksanaan tersebut dilakukan pada hari rabu 09 september 2020 pukul 10.00-selesai di Kantor KUA Kec. Kembayan, Kab. Sanggau.

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan PKL FASYA IAIN Pontianak, dua mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam di IAIN Pontianak turut menjadi Saksi dalam pelaksanaan islamisasi salah seorang muallaf.

Wakil Dekan 1 Fakultas Syariah Rasiam, MA sangat mengapresiasi dan berharap kegiatan tersebut menjadi suatu pengalaman dan bekal bagi mahasiswa yang telah membantu mualaf membaca syahadat di KUA Kembayan tersebut.

“Haru dan bangga saya rasakan untuk anak kami peserta PKL di KUA Kembayan yang mampu berkontribusi di sana, semoga ini menjadi bekal dan pengalaman berarti untuk mereka, hingga kedepan mahasiswa dapat mengaplikasikan pengalaman tersebut di tengah tengah masyarakat nanti,” ujarnya.

Lanjutnya kepala KUA Kembayan bapak H. Eko setyo nugroho S.HI., mengungkapkan sangat mengapresiasi dan terbantu dengan adanya mahasiswa PKL Fakultas Syariah ini.

“Program PKL secara mandiri ini diharapkan bisa mengembangkan kreatifitas mahasiswa dan melalui kegiatan ini diharapkan juga point-point laporan yang diwajibkan kepada mereka tidak hanya sebatas itu, bisa melalui pengabdian masyarakat seperti mengisi khutbah jum’at, menuntun mualaf baca syahadat dan lain sebagainya”.

Tambahnya dia mengharapkan agar hal ini menjadi pembelajaran sekaligus pengalaman yg bermanfaat dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan kepada masyarakat, dan bisa di aplikasikan kelak ketika di masyarakat.
Pada pelaksanaan ini bagi calon muallaf dibimbing serta di arahi langsung oleh bapak M.Irji Mubarok, S.Pd.I, beliau ialah salah satu penyuluh yang bekerja di wilayah kecamatan kembayan.

Dikesempatan lain warga Kembayan yang baru saja mengucapkan syahadat ini mengaku merasa tenang dengan ajaran Islam, setelah mempelajarinya dalam beberapa waktu dan bergaul dengan teman-teman yang umumnya muslim. Dengan tekad yang bulat akhirnya dirinya menyambut hidayah dan memutuskan untuk menjadi Mualaf.

Adapun yang melaksanakan PKL diwilayah tersebut ialah saudara Rastra Taufiq Al hakim dan saudara Dicky Zulkarnaen, mereka merupakan anggota pelaksanaan kegiatan PKL di tahun 2020 ini dan merupakan salah satu kelompok yang melaksanaan PKL secara mandiri di Kabupaten sanggau.

Terakhir harapan mahasiswa peserta PKL KUA Kembayan, semoga apa yang telah mereka rasakan dan apa yang telah mereka lakukan menjadi pengalaman terbaik selama kegiatan PKL berlangsung.

Penulis: Tio Rizki Kurniawan
Editor: Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here