Rektor IAIN Pontianak Buktikan Komitmen Keterbukaan Informasi

0
81 views

Pontianak (iainptk.ac.id)— Hadirnya Rektor IAIN Pontianak beserta jajarannya pada presentasi Keterbukaan Informasi membuktikan komitmen terhadap keterbukaan informasi kepada publik. Komisi Informasi Kalimantan Barat mengundang IAIN Pontianak untuk mempresentasikan kepada tim penilai tentang Komitmen, Koordinasi dan Inovasi dalam penyelenggaraan Keterbukaan Informasi. Presentasi dilaksanakan di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Kalimantan Barat, Selasa (5/11/2019) siang.

Terdapat 152 Badan Publik di Kalbar yang akan dinilai dengan 8 kategori, diantaranya kategori Perguruan Tinggi. Hanya 7 dari 20 Perguruan tinggi di Kalimantan Barat yang lolos di tahapan visitasi dan presentasi ini. Pelaksanaan presentasi ini merupakan tahapan dari kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Propinsi Kalimantan Barat. Pengumuman pemenang rencananya akan diumumkan pada akhir November ini.

Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) IAIN Pontianak adalah Rektor IAIN Pontianak. Rektor Syarif menegaskan berkomitmen untuk terus bekerja menyukseskan program-program pemerintah, diantara tentang keterbukaan informasi kepada publik. IAIN Pontianak juga telah membangun sarana dan prasarana terkait keterbukaan informasi dan kita sudah wujudkan PPID di IAIN Pontianak. Kami juga menginstruksikan kepada jajaran untuk selalu bekerja sesuai regulasi dan didokumentasikan serta dipublikasikan ke masyarakat.

“Tulis apa yang kalian pikirkan. Kerjakan apa yang kalian tulis. Dokumentasikan apa yang dikerjakan. Publikasikan kegiatan yang dilakukan. Ini juga yang dilakukan oleh PPID IAIN Pontianak, untuk terus mempublis informasi ke publik” tegas orang nomor satu di IAIN Pontianak itu.

PPID IAIN Pontianak, Aspari Ismail menyatakan, “Kami terus melakukan pembenahan dalam pengelolaan PPID. Beberapa inovasi yang lakukan diantaranya: membuat website PPID IAIN Pontianak, memaksimalkan media sosial dengan akun ppid, menggunakan aplikasi sehingga website bisa diinstal di playstor melalui android, mengumumkan LHKPN, menyediakan ruangan PPID di Gedung Rektorat Lantai I, menyediakan papan infomasi, ruang tunggu dan lain-lain”.

Tim Penilai mengapresiasi PPID IAIN Pontianak. Salah satu penilai yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi Informasi Kalbar, Muhammad Darussalam, SE., mengatakan “Tidak ada pertanyaan untuk IAIN Pontianak. Saya melihat dari presentasi ini PPID IAIN Pontianak sudah termasuk PPID ideal dan bisa menjadi contoh untuk PPID yang lainnya.”

Darussalam menambahkan “Saya berharap IAIN Pontianak sebagai lembaga akademisi bisa bersinergi dengan Komisi Informasi Kalbar dalam memberikan penyadaran pentingnya Keterbukaan Informasi kepada badan publik lainnya. Dengan adanya keterbukaan dan transparansi, saya beranggapan bahwa proses-proses pembangunan akan berjalan dengan efektif dan di kontrol secara konsisten. Sehingga hal-hal yang tidak kita inginkan atau kekeliruan bisa di kontrol oleh berbagai kalangan.” ujarnya.

Tampak hadir dalam kegiatan presentasi itu Rektor IAIN Pontianak, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Abdul Mukti, MA., Kepala Biro AUAK, Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si., Direktur Pascasarjana, Dr. Misdah, S.Ag, M.Pd., Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Humas, dan Rumah Tangga (THR), Aspari, S.Pd.I, M.Pd., Staf Humas, Bambang Eko Priyanto, S.Kom.I, M.Pd dan pengelola Web PPID IAIN Pontianak, Ibnu Qayyim Rabbani, S.Kom.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here