PONTIANAK (iainptk.ac.id)–Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA menerima secara simbolis buku hibah yang diberikan oleh Kedutaan Arab Saudi, Selasa (15/01) di Ruang Rektor. Penyerahan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Dekan I FUAD, Dr. H. Harjani Hefni, Lc., MA.

Pemerintah Arab Saudi melalui kedutaannya memberikan hibah buku-buku literatur utama kajian keislaman kepada IAIN Pontianak, Kamis (10/01). Terdapat 50 judul buku utama yang dihibahkan kepada IAIN Pontianak, diantaranya seperti al Umm karya Imam Syafi’i, Raudhatut Thalibin karya Imam Nawawi dan kitab-kitab bermanfaat lainnya.

Informasi tersebut dikemukakan langsung oleh Wakil Dekan I FUAD, Dr. H. Harjani Hefni, Lc., MA. Menurutnya ada 50 judul buku utama yang dihibahkan kepada IAIN Pontianak dan kesemuanya merupakan buku-buku terbaik dan tentunya bermanfaat bagi Sivitas Akademika IAIN Pontianak. Beberapa buku yang dimaksud, antara lain: Raudhatul Tholibin Wa ‘Umdatu lMuftin Karya Al-Imam Ibn Zakaria Muhyiddin Ibn Syarf An-Nawawi, Syarhu Kitab Sibawaih Karya Ibn Sa’id Asy-Syairani, Shohih Muslim Syarhu An-Nawawi Karya Al-Imam Ibn Zakaria Muhyiddin Ibn Syarf An-Nawawi, Al-Mishbah Al-Munir Fi Gharibi Syarhil Kabir Karya Ibnul Abbas Ahmad Ibn Muhammad Ibn Ali Al-Muqri, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ia berharap buku ini dapat bermanfaat bagi Dosen dan Mahasiswa di Lingkungan IAIN Pontianak. “Alhamdulillah kita bersyukur dan berbahagia mendapatkan hibah buku dari Kedutaan Arab Saudi. Terdapat 50 judul buku yang diantaranya memuat segala hal yang dibutuhkan oleh para pengkaji ilmu di berbagai disiplin ilmu. Buku ini diharapkan dapat membantu para dosen, mahasiswa S1 dan S2 yang ingin merujuk langsung sumber utama kajian mereka.” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kedutaan Arab Saudi yang telah menghibahkan buku maupun kitab original berbahasa Arab. “Nantinya buku ini akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kemudian para dosen akan dan dianjurkan untuk menggunakannya sebagai literatur maupun sumber utama dalam pembelajaran dan penelitian.” paparnya.

Rektor menambahkan dengan adanya hibah buku ini, berharap akan terjalin hubungan kerjasama yang semakin erat antara IAIN Pontianak dan Arab Saudi. Hal ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peran PTKIN itu sendiri yakni menjalin kerjasama dengan pihak-pihak luar baik skala nasional maupun internasional sesuai aturan yang berlaku.

“Ke depan IAIN Pontianak juga memiliki rencana memberangkatkan para dosen yang berencana melakukan penelitian maupun menimba ilmu di luar negeri. Dengan begitu program kerjasama dan pengembangan kampus dapat simultan dalam pelaksanaannya.” pungkasnya.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here