PONTIANAK (iainptk.ac.id)–Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA bersama rombongan yang meliputi Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA, Kepala Biro AUAK, Drs. Syahrul Yadi, M.Si, Dekan FTIK, Dr. Ali Hasmy, M.Si, Dekan FSEI, Dr. Fachrurrazi, MM, Wakil Dekan II FSEI, Rasiam, MA, Mudir Ma’had Al-Jami’ah, Moh. Gito Saroso, M.Ag, Kepala Bagian Umum, Sumarman, S.Ag, Kassubbag Kepegawaian dan Ortala, Adi Mulyono, S.Sos usai kegiatan Syukuran Akreditasi, berangkat mensurvey lokasi tanah yang direncanakan untuk Pondok Pesantren IAIN Pontianak, Jumat (11/01) sore di Jalan Selat Panjang, Pontianak Utara.

Dalam kesempatan itu hadir pula sang pemilik lahan sekaligus Alumni IAIN Pontianak, H. Sukiryanto, S.Ag. Dalam momen itu pula Wakil Rektor II, Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA memanjatkan doa yang diikuti oleh segenap pejabat lain yang hadir agar niat baik ingin mendirikan Pondok Pesantren IAIN Pontianak dapat terealisasi secepatnya dan prosesnya berjalan lancar.

Di sela-sela peninjauan lokasi, Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA mengaku bersyukur sekaligus berterima kasih kepada H. Sukiryanto, S.Ag yang telah bersedia dan ikhlas menghibahkan tanahnya kepada IAIN Pontianak. “Rasa syukur kepada Allah SWT dan ucapan terima kasih kepada Bapak. H. Sukiryanto, S.Ag yang telah bersedia menghibahkan tanahnya kepada IAIN Pontianak. Semoga Allah membalas kebaikannya dan mengganjarkan kepada beliau rezeki yang lebih dari apa yang diberikannya kepada IAIN Pontianak.” tuturnya.

Rektor pun menambahkan, “Insyaallah kita akan buat lahan ini pesantren nantinya. Tahap pertama akan menampung 2500 mahasiswa. Karena sifatnya pesantren, mahasiswa tidak boleh keluar. Maka dari itu akan dibangun lokal. Karena klasikal dilakukan di pesantren. Harapannya pesantren ini kita jadikan fokus pengetahuan dan pemahaman keagamaan mahasiswa, karena kenyataannya sebagian besar mahasiswa kita berlatar belakang SMK maupun SMA.” ungkapnya.

Sementara itu, Alumni IAIN Pontianak, H. Sukiryanto, S.Ag mengatakan jika lahan tanah yang disurvei hari ini akan dihibahkan untuk IAIN Pontianak. “Rencana lahan ini akan dihibahkan untuk IAIN Pontianak. Semoga ini menjadi bekal saya di akhirat. IAIN telah berjasa dalam memberikan ilmu maupun pengetahuan kepada saya selama ini sehingga akhirnya bisa mandiri seperti saat ini. Oleh karena itu, sudah tepat jika saya menghibahkan tanah ini demi kemajuan IAIN Pontianak.” jelasnya.

Ia menambahkan, “Mudah-mudahan dengan adanya pesantren ini, tidak ada lagi mahasiswa yang tidak pandai mengaji. Mempelajari nahwu dan sharaf. Sesuai program yang dicanangkan oleh IAIN Pontianak yang nantinya mengharuskan mahasiswa baru untuk tinggal di pesantren selama 1 tahun.” harapnya.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here