Seminar Internasional Bertajuk Bahasa Arab dan Dakwah

0
231 views

_DSC4415

Bertajuk Bahasa Arab dan Dakwah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Jurusab Bahasa Arab (PBA) dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) IAIN Pontianak bekerjasama menyukseskan kegiatan Seminar Internasional yang berlangsung pada 11 Maret 2016 di Auditorium IAIN Pontianak.

_DSC4390Acara dibuka oleh rektor IAIN Pontianak, dihadiri civitas akademika, dan pembicara seminar Dr. Arif al-utaibiy, Dr. Ibrahim al-Harbiy, dan Dr. Khalaf al-Qarsiy ketiganya merupakan akademisi dari Universitas Ummul Qura Saudi Arabia. Sebagai peserta dalam kegiatan ini mayoritas mahasiswa dari Jurusan Bahasa Arab dan Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir.

Dr. Arif al-utaibiy mengatakan bahasa Arab adalah bahasa syiar agama. Bahasa Arab memiliki keunikan tersendiri dimana ketika menuturkan berbahasa Arab sama halnya ketika kita menuturkan bahasa al-Quran.

Menurutnya al-Quran yang diwahyukan Allah SWT melalui malaikat Jibril yang disampaikan kepada Rasullah Saw menggunakan bahasa Arab. Kemudian Allah SWT memilih tempat juga merupakan tempat yang baik dipilih oleh Allah SWT dan diturunkan pertama kalinya pada bulan Ramadhan pada waktu yang baik pula, apa lagi kita mengenal al-Quran baik bagi manusia yakni sebagai petunjuk bagi manusia.

“Allah SWT menurunkan al-Quran dalam bahasa Arab tentu punya maksud dan tujuan. Selain itu agar manusia berpikir mengapa begitu banyaknya nuansa bahasa Arab terkait dengan ayat-ayat al-Quran yang disampaikan dalam bahasa Arab”, katanya yang diterjemahkan oleh M. Yusuf.

Dengan demikian, lanjut dia, dapat dipahami bahwa bahasa Arab adalah bahasa syiar agama Islam. Maka jika seseorang ingin memahami agamanya maka orang tersebut harus belajar bahasa Arab karena kaitannya dengan bahasa al-Quran.

_DSC4421Arif menjelaskan untuk belajar bahasa Arab sebetulnya sangat mudah sekali, berbeda dengan Bahasa lain. Diantaranya banyak bahasa-bahasa lain tersebut mati atau ditinggalkan, maka sebaliknya tidak dengan bahasa Arab yang justru terus hidup dan digunakan di seluruh dunia. Belajar bahasa Arab sama halnya belajar dan memahami bahasa agama Islam sehingga bahasa Arab dapat dikatakan menjadi pintu ilmu agama Islam.

Untuk mempelajari bahasa arab pada lingkungan nonarab, dia menyarankan untuk selalu menggunakan bahasa Arab sebagai bahan percakapan, ungkapan, atau ucapan sehari-hari sehingga bahasa Arab menjadi suatu rutinitas yang dipraktekkan dalam segala percakapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here