Terus Berkarya, Rumah Literasi FUAD IAIN Pontianak, Sukses Gelar Webinar sekaligus Launching Buku

0
164 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Selasa, 28 Juli 2020 pukul 09.00 WIBB, kemarin, Rumah Literasi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak selenggarakan Webinar Literasi dengan tema Buku Pertama Seindah Cinta Pertama dan sekaligus Launching Buku Literasi FUAD IAIN Pontianak. Berdasarkan data absensi, kegiatan ini diapresiasi lebih dari 600 orang, baik yang terlibat langsung mengikuti via zoom maupun menyaksikan di YouTube. Peserta juga menyaksikan dan mengapresiasi kegiatan ini, dari berbagai wilayah dan pulau di nusantara.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Hj. Fitri Sukmawati, M.Psi.Psikolog, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FUAD IAIN Pontianak, yang sekaligus menjadi narasumber kegiatan tersebut. “Saya bangga kepada rumah literasi yang sudah berhasil mengantarkan mahasiswa yang ikut program tersebut memliki karya dalam bentuk buku, itu berkat kerja keras, kerja cerdas dari pembimbing dan penulisnya, prestasi yang membanggakan bagi kami”.

Dalam pemaparannya, beliau juga menyampaikan bahwa “Menulis merupakan emosi kejiwaan, karena menulis yang pertama membutuhkan energi yang kuat, itu termasuk kecerdasan otak kanan, kecerdasan linguistik, kreatifitas, kebiasaan membaca, menulis merupakan pengalaman yang menyenangkan, pengalaman pertama tentu mengasyikkan”, pungkas beliau.

Dr. Ismail Ruslan, M.Si, Dekan FUAD IAIN Pontianak ketika menyampaikan materi, mengapresiasi kegiatan Rumah Literasi ini “Kami bangga dan terharu, dalam waktu 1 (satu) tahun hampir 100 buku yang dihasilkan mahasiswa semester satu hingga semester dua. Bagi kami, ini sebagai wujud tanggungjawab memproses mahasiswa yang kuliah di FUAD secara benar, terutama menumbuhkan budaya menulis, apalagi bisa dalam bentuk buku. Tanggungjawab ini kami pikul di dunia dan di akhirat, karena merupakan amanah orangtua mahasiswa ketika menitipkan anaknya ke FUAD, dengan berbagai program yang kami berikan untuk mahasiswa.

Ismail Ruslan melanjutkan “Dua program unggulan kami ialah rumah literasi dan FUAD (Jum’at) mengaji. Mahasiswa semester I dan II setiap angkatan wajib mengikuti dua kegiatan ini, supaya mahasiswa terbiasa menulis dan memiliki bekal mengaji yang baik. Kami ingin mahasiswa menumbuhkan talenta yang baik dan terasah di FUAD, membangun multiple intelligence, terutama kecerdasan linguistik dan kecerdasan intra pribadi.”

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para pembimbing Rumah Literasi, pak Yusriadi, pak Elmansyah, bu Farninda, Saripaini, Khatijah, dan Novie. Selamat juga kepada mahasiswa yang sudah mampu berkarya. Ke depan Rumah Literasi dan program lain bisa terus terpelihara dan berkembang di FUAD IAIN Pontianak. Selamat kepada para mahasiswa. Oh ya, cinta cukup sekali, tetapi buku jangan hanya pertama tetapi semoga akan lahir banyak buku lagi”, pungkas Dekan.

Webinar yang bertemakan Buku Pertama Seindah Cinta Pertama, persembahan Rumah Literasi FUAD IAIN Pontianak, bersama Pembicara Utama, para penulis bercerita mengenai buku pertama mereka, wakil terbaik dari setiap kelas Rumah Literasi FUAD IAIN Pontianak, Edisi 2 2019-2020, yaitu Dwi Gusti Arini (BKI), Jaabir dan Khoridah (IAT), Dinda Aulia dan Huzaimah Agustini (PI). Ada juga Pembicara Pendamping, yaitu Dr. Ismail Ruslan, M.Si (Dekan FUAD IAIN Pontianak), Dr. Hj. Fitri Sukmawati, M. Psi (Psikolog), Dr. Yusriadi, MA (Rumah Literasi), Marsita Riandini (Wartawan AP Post/Jawa Group), dan Farninda Aditya, M.Pd (Club Menulis). Intinya mereka mendorong maahasiswa untuk terus berkarya. Adapun yang menjadi moderator yaitu sahabat Elmansyah, M.S.I dan Didi Darmadi, M.Lett.

Bagi yang belum berkesempatan menyaksikan kegiatan ini, bisa disaksikan di Facebook dan YouTube FUAD IAIN Pontianak. #FUADPeloporModerasiBeragama#IAINRumahKita.

Penulis: Didi Darmadi
Editor: Omar Mukhtar Al Assad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here