Tingkatkan Mutu dan Peran Pengawasan Internal, SPI IKIP PGRI Pontianak Studi Banding ke SPI IAIN Pontianak

0
269 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Satuan Pengawas Internal (SPI) IAIN Pontianak menerima kunjungan studi banding dari SPI IKIP PGRI Pontianak yang berjumlah 4 orang. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Kerja SPI IAIN Pontianak, pada hari Senin (06/07) pagi. Selaku Kepala SPI IAIN Pontianak, Dr. Fauziah, S.Pd., MM., menerima kedatangan Kepala SPI IKIP PGRI Pontianak, Dr. Syarifah Fadillah, M.Pd., beserta Sekretaris SPI IKIP PGRI Pontianak, Dr. Hemafitria, M.Pd., dan Anggota SPI IKIP PGRI Ponianak, Dr. H. Henry Maksum dan Mai Y. M.Pd.

Pertemuan yang berlangsung selama dua jam berjalan dengan lancar, banyak informasi tentang SPI yang disampaikan oleh Kepala SPI IAIN Pontianak. Hal ini membuka wawasan tantang tugas SPI yang sebenarnya, membantu perguruan tinggi untuk selalu berjalan pada aturannya. SPI bukan hanya mencari masalah, namun juga mencarikan jalan keluar dari setiap permasalahan.

Kepala SPI IAIN Pontianak menyampaikan tentang Definisi Kinerja SPI, Fungsi Pengawasan Non Akademik, Posisi SPI IAIN Pontianak, Visi dan Misi SPI IAIN Pontianak, Tujuan Pengawasan, Ruang Lingkup pengawasan serta kiat-kiat menjadi pengurus SPI.

“Seorang yang diamanahi bertugas sebagai Kepala SPI, harus memiliki keberanian untuk melakukan perubahan. Disitulah kita belajar dan mengasah kemampuan kita untuk menguasai Prodak hukum, sehingga kita bisa membantu kawan-kawan untuk menyelesaikan masalah. Kehadiran SPI awalnya kurang direspon disebabkan keterbatasan pemahaman akan pentingnya SPI. Namun setelah dilakukan sosialisasi kepada semua jajaran unit kerja di lingkungan IAIN Pontianak, SPI menjadi tempat berdiskusi dan bertanya bahkan menjadi mediasi penyelesaian masalah” Tutur Kepala SPI IAIN Pontianak

Kepala SPI IKIP PGRI Pontianak, selepas kegiatan menyampaikan “Tujuan kehadiran kami Studi Banding untuk mengetahui tugas SPI di IAIN Pontianak. Alhamdulillah disambut baik oleh Kepala SPI disini dan kami merasa sangat terbantu dari ilmu-ilmu yang beliau berikan ke kami. Setelah mendengar dari Kepala SPI IAIN Pontianak, kami akan menyusun program kerja.”

Hal yang berkesan dari pertemuan ini adalah “Keseriusan SPI IAIN Pontianak dalam menjamin anggaran, kemudian juga pengelolaan SDM dan sebagainya. Saya lihat bahwa SPI benar-benar tangguh, walaupun dengan personil yang sedikit tapi serius dalam pengelolaan SPI ini demi menjamin mutu dari IAIN Pontianak.” Pungkasnya.

Editor: Omar Mukhtar Al Assad
Penulis: Bambang Eko Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here