Sinergikan Program Akademik dimasa New Normal COVID-19, LP2M Sambang FUAD IAIN Pontianak

0
619 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Selasa, 30 Juni 2020, pukul 08.00 WIB bertempat dilantai 3 gedung Tower C, telah dilakukan rapat koordinasi antara pimpinan di lingkungan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) IAIN Pontianak.

Koordinasi ini berkaitan dengan sinergi program akademik dengan pihak Institut, dalam hal ini persiapan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Pada kesempatan tersebut, hadir Dekan, Dr. Ismail Ruslan, M.Si dengan jajaran pimpinan FUAD IAIN Pontianak. Dari LP2M hadir langsung Ketua, Sukardi, M.Hum.

Ketika membuka sambutan, Dekan FUAD, Dr. Ismail Ruslan, M.Si, menyampaikan “Terima kasih kepada Ketua LP2M IAIN Pontianak bapak Sukardi, M.Hum yang berkenan hadir atas undangan yang telah kami sampaikan. Penting sekali kita mensinergikan program ditingkat institut dengan ditingkat fakultas, apalagi dalam mengaplikasikan Tri Dharma perguruan tinggi”, ujarnya. “Apalagi dalam menafsirkan regulasi akademik dalam masa new normal pandemi Covid-19, perlu banyak penyesuaian-penyesuaian program kegiatan yang tidak menyulitkan dosen, mahasiswa, dan tentu saja sesuai regulasi yang ada”, pungkasnya.

Sukardi, M.Hum, Ketua LP2M IAIN Pontianak menyampaikan “Kami membuat konsep atau pedoman akademik PPL/KKL From Home, PPL/KKL dari rumah dimana mahasiswa tetap berada dikampungnya masing-masing, kami tidak mempersulit mahasiswa dan dosen serta panitia. KKL bisa dilakukan barengan dengan PPL, membuat kelompok, dengan dibimbing oleh dosen secara daring, dengan tetap melaksanakan secara ketat protokol kesehatan”, ujarnya. “Secara khusus, PPL lebih spesifikasi pada skill keprodian, sementara KKL bidang kemasyarakatan”, lanjutnya. “Oh ya perlu kami sampaikan permohonan maaf, hanya ada 40 orang dosen pembimbing KKL yang bisa kami rekrut, ini terkait penghonoran, dan para dosen juga berasal dari lintas fakultas”, ujar bliau.

Lebih lanjut, Sukardi, M.Hum mengingatkan “Kami juga menerima konversi KKL dari para mahasiswa, yang penting mahasiswa tersebut telah betul-betul memiliki bukti yang valid telah melaksanakan pengabdian masyarakat dan betul-betul bisa dipertanggungjawabkan secara akademik, sehingga panitia tidak ragu dalam memberikan penilaian”, ujarnya.

“Terkait penelitian, untuk tahun ini juga akan tetap diberikan kepada dosen, kami harap dosen bisa menyelesaikan penelitian sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kemudian untuk kegiatan call for paper dan penerbitan jurnal juga masih kami lakukan, walaupun dalam keterbatasan anggaran yang tersedia, namun harus tetap kita laksanakan”, akhirnya.

Para pimpinan di lingkungan FUAD IAIN Pontianak menyambut baik kesediaan Ketua LP2M IAIN Pontianak berkenan sambangi rapat koordinasi kali ini, demi untuk tetap menjaga mutu layanan akademik bagi stakeholder FUAD IAIN Pontianak.

Penulis: Didi Darmadi
Editor: Omar Mukhtar Al Assad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here