Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Pontianak Tahun 2020

0
371 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Serta banyak sekali manfaat dalam menuntut ilmu. Salah satunya (HR. Muslim, no.2699) “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga”.

Banyak sekali tawaran dari berbagai perguruan tinggi untuk menuntut ilmu, salah satunya di Pascasarjana IAIN Pontianak. Kami menawarkan dua Program Studi (Prodi), ada Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Prodi Ekonomi Syariah (ES). Calom mahasiswa dapat memilih Prodi sesuai dengan kemampuan yang ingin didalami.

Diharapkan setelah lulus mahasiswa Prodi PAI Pascasarjana IAIN Pontianak, pertama dapat menjadi supervisor pendidikan yang handal bagi sekolah /madrasah. Kedua, lulusan PAI dapat menjadi tenaga pengajar mulai dari tingkat strata satu hingga ke bawahnya. Ketiga, menjadi peneliti dibidang supervisor pendidikan dan kependidikan Islam. Keempat, menjadi pengelola lembaga pendidikan dan Kelima, dapat menjadi instruktur seminar, pelatihan, workshop dan berbagai kegiatan ilmiah lainnya.

Begitu juga lulusan Prodi ES Pascasarjana IAIN Pontianak, diharapkan dapat menjadi praktisi Ekonomi Syariah, yang mampu mengolah lembaga keuangan syariah secara profesional. Kedua, dapat menjadi pakar Ekonomi Syariah, yang mampu memahami, mengaplikasikan dan memberikan solusi berkaitan dengan permasalahan dalam bidang ekonomi syariah berbasis riset. Ketiga lulusan akan mampu menghasilkan dan mengembangkan teori-teori dalam bidang ilmu ekonomi syariah. Keempat lulusan dapat menjadi interpreneur dalam bidang ekonomi syariah, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kelima, lulusan berpeluang memberikan jasa konsultasi kepada pengguna, dalam rangka mengimplementasikan sistem Ekonomi Syariah yang benar.

Setelah calon mahasiswa mengetahui tentang target lulusan, saatnya melakukan pendaftaran. Adapun penerimaan calon mahasiswa baru Pascasarjana Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020, sudah dibuka tahap pendaftaran dari tanggal 11 Mei – 09 Juli 2020. Calon mahasiswa dapat mendaftar dirinya di http://sia.iainptk.ac.id/pmb.php terlebih dahulu.

Info lainnya, setelah calon mahasiswa mendaftar akan dilaksanakan tes masuk pada tanggal 15-16 Juli 2020. Pengumuman kelulusan akan disampaikan pada hari Senin 20 Juli 2020. Setelah dinyatakan lulus calon mahasiswa dapat melakukan daftar ulang pada tanggal 4-10 Agustus 2020. Berubahlah status dari calon mahasiswa menjadi Mahasiswa Pascasarjana dan mulai kuliah perdana pada tanggal 4 September 2020.

Syarat pendaftaran, 1. Fotocopy Ijazah S1 dilegalisir, 2. Fotocopy Transkrip Nilai dilegalisir, 3. Pas Foto 3×4 warna, 4. Fotocopy KTP dan KK 3 lembar. Adapun masa studinya dapat diselesaikan dalan empat (4) semester. Fasilitas yang disiapkan Pengajar yang profesional, ruang belajar full AC, Lab. Micro Teaching, Lab. Ekonomi dan Bisnis Syariah, Lab. Komputer, internet gratis, serta Galeri investasi Syariah BEI Pascasarjana.

Info lebih lanjut dapat menghubungi Syarif Akhmad Fauzi, ST (0812-5731-6234) atau Adnan, SE (0822-5246-1023), atau dapat langsung mengunjungi Kantor Pascasarjana di Jl. Letjend Soeprapto no.19 Pontianak, Gedung Prof. KH. Saifuddin Zuhri IAIN Pontianak Lt.2 pada jam kerja.

Editor: Editor: Omar Mukhtar Al Assad
Oleh: Bambang Eko Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here