Go International, IAT FUAD IAIN Pontianak Songsong Webinar Internasional Asia-Afrika

0
137 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Selasa, 30 Juni 2020, pukul 13.00 WIBB mendatang akan dilaksanakan kegiatan Webinar internasional dengan tema “Tafsir Moderasi Beragama (Eksplorasi Tafsir di Asia dan Afrika” yang akan dilakukan secara virtual.

Nurmy A.R, M.Pd, Panitia kegiatan yang juga menjabat Sekretaris Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) menjelaskan “Kegiatan ini merupakan seri diskusi dosen, yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak yang merupakan hasil kerjasama dengan Organisasi Alumni Al-Azhar Indonesia Cabang Kalimantan Barat”, jelasnya.

Dekan FUAD, Dr. Ismail Ruslan, M.Si, menyampaikan “Terima kasih kepada Organisasi Alumni Al-Azhar dan para pihak lain yang telah bersedia bekerjasama dengan Program Studi IAT FUAD IAIN Pontianak, yang nanti juga dilaksanakan MoA dengan mereka. Kami juga mohon dukungan semua pihak agar senantiasa mendukung FUAD IAIN Pontianak menjadi semakin maju dan berdaya saing. Terkhusu webinar ini, mari kita songsong dan smeoga terlaksana dengan sukses”, harapnya.

Selanjutnya Dr. Ismail Ruslan, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada masa New Normal. Ikhtiar ini secara umum melalui webinar, diskusi dan kajian adalah kebutuhan siapapun tidak terkecuali civitas akademika dimanapun berada termasuk di lingkungan FUAD IAIN Pontianak.

Webinar Internasional ini akan menghadirkan banyak pakar dibidang ilmu al-Qur’an dan Hadits. Sebagai keynote speaker Prof. Dr. KH. Fauzal Iman, MA (Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten) dan Dr. H. Syarif, MA (Rektor IAIN Pontianak).

Kemudian ada empat narasumber lainnya yang merupakan akademisi dari berbagai kampus di beberapa negara, diantaranya Dr. H. Rizzaldy Satria Wiwaha, M.Hum (Pakar Argumentology dan Sastra Arab Alumni Institute Arab & Studies, Arab Language University, Cairo. (Beasiswa 5000 Doktor MoRA), Abdul Basid, M.Th.I (Awardee Morascholarship LN Kemenag RI Ph.D Candidate. University of The Holy Qur’an and Islamic Sciences Khartoum Sudan), Fery Ramadhansyah, Lc., M.A (Ph.D Candidate, Islamic Law, Cairo University, Awardee LPDP), H. Udi Yuliarto, Lc, MA (Kandidat Doktor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dosen Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir FUAD IAIN Pontianak). Adapun yang akan menjadi moderator kegiatan ini yaitu Buhori, M.Pd, yang juga selaku Ketua Program Studi IAT FUAD IAIN Pontianak.

Diharapkan kegiatan webinar ini melahirkan pemikiran cemerlang tentang tafsir moderasi beragama untuk kita semua. Oh ya, bagi bapak ibu yang belum mendaftar kegiatan ini, silakan dilihat di flyer yang sudah kami sebar melalui FB, YouTube,dan WA FUAD IAIN Pontianak. Webinar ini dilakukan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting, 500 pendaftar pertama akan bisa live di Zoom, sedangkan yang lainnya bisa live via YouTube FUAD IAIN Pontianak. Sampai berita ini dibuat, sudah ada 3.536 orang pendaftar Webinar Internasional Asia-Afrika ini.

Penulis: Didi Darmadi
Editor: Omar Mukhtar Al Assad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here