Webinar Nasional Pascasarjana IAIN Pontianak, Hadirkan Para Pakar Pendidikan

0
339 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Pascasarjana IAIN Pontianak menggelar kegiatan Webinar Nasional Prodi PAI, yang diselenggarakan pada hari Selasa (07/07), dengan mengusung tema Eksistensi Local Wisdom dalam membentuk Karakter Generasi Milenial. Kegiatan yang berlangsung dari Pukul 09.00-11.30 berjalan dengan lancar. Tercatat 600 peserta yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini dan terdapat 200 peserta yang mengikuti Wibinar Nasional melalui zoom hingga akhir, selebihnya menyaksikan melalui youtube.

 

Acara dibuka dengan katasambutan dari Direktur Pascasarja IAIN Pontianak, Dr. Misdah, M.Pd., “Kegiatan ini sesuai dengan Visi Pascasarjana IAIN Pontianak yaitu Menuju Pascasarjana IAIN Pontianak yang ulung dan terbuka, dalam kajian dan riset keilmuan, keislaman serta kebudayaan Borneo. Kami berharap betul keempat narasumber dapat memberikan kontribusi yang semaksimal mungkin kepada seluruh peserta, baik mahasiswa Pascasarjana maupun masyarakat umum. Sehingga nanti, peserta mampu mewarnai karakter generasi milenial.” Katanya dengan penuh optimis.

Setelah kata sambutan, secara bergantian narasumber menyampaikan materinya. Pertama Prof. Dr. Maragustam Siregar, MA., selaku Kaprodi Program Doktor PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Menyampaikan materi tentang Pembentukan Karakter Berbasis Local Wisdom. Beliau juga pernah menulis buku berjudul Pembentukan Karakter Anak Bangsa Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.

Narasumber kedua Prof. Dr. Aan Hasanah, M.Ed., saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Mengangkat judul pembahasan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal.

Pembicara ketiga ada Dr. Wahab, M.Ag., saat ini menjabat sebagai Ketua Prodi PAI Pascasarjana IAIN Pontianak. Mengangkat hasil penelitiannya tentang Kearifan Lokal Saprahan dalam Membentuk Karakter Milenial Masyarakat Melayu Sambas.

Narasumber terakhir Dr. Anton Widiyanto, M.Ag., Ed.S., Kepala Pusat Penerbitan LP2M UIN Araniry Banda Aceh. Beliau menyampaikan tentang Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Bingkai Kekinian dan Keindonesiaan. Kegiatan ini dipandu oleh Dr. Arief Sukino, M.Ag selaku Sekertaris Prodi PAI Pascasarjana IAIN Pontianak.

Panitia juga sudah menyiapkan materi yang dapat di download di https://bit.ly/materi_webinar_paiS2 Atau bagi yang belum mengikuti kegiatan ini dapat melihat videonya di channel pascasarjanaiainpontianak https://www.youtube.com/watch?v=j0i-xXGpuNw Pastinya berbagai ilmu tentang kearifan Lokal dibahas disini.

Editor: Omar Mukhtar Al Assad
Penulis: Bambang Eko Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here