Akademisi dan Netizen Dunia Apresiasi Webinar Berbahasa Arab FUAD IAIN Pontianak

0
377 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Selasa, 07 Juli 2020 program studi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak bekerjasama dengan beberapa kampus di 5 (lima) negara, yaitu Sudan, Tunisia, Aljazair, Arab Saudi, dan Indonesia telah menyelenggarakan webinar internasional dengan tema “Strategi Memasuki Era New Normal Dalam Pandangan Ulama Dunia” yang akan dilakukan secara virtual dan berbahasa arab.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. H. Harjani Hefni, Lc, MA yang mewakili dekan FUAD IAIN Pontianak Dr. Ismail Ruslan, M.Si pada kesempatan webinar kali ini menyampaikan semoga kegiatan ini mendatangkan ilmu dan hikmah yang bermanfaat bagi kita semua. Beliau juga mengucapkan alhamdulillah dan rasa terima kasih yang mendalam atas kesediaan para narasumber yang berasal dari Sudan, Tunisia, Aljazair, Arab Saudi, dan Indonesia. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada 3200 lebih pendaftar dan peserta webinar ini, terkhusus yang berasal dari Mesir, Arab Saudi, Maroko, Libya, Sudan, Aljazair, Tunisia, dan Malaysia.

Moderator, sahabat Al Fakhri Zakirman, Lc, MA, Dosen FUAD IAIN Pontianak, yang juga Ketua Gugus Penjamin Mutu FUAD IAIN Pontianak, menyampaikan ada hikmah-hikmah yang dapat dipetik dari Webinar Internasional IAT FUAD IAIN Pontianak ini.

Prof. Ilyess Goussem, Wakil Rektor Universitas Ezzitouna Tunisia Afrika Utara menyampaikan bahwa berbicara tentang ayat-ayat yang berkaitan dengan musibah, bahwa corona sebagai sarana instropeksi diri, dan wabah ini bukanlah sesuatu yang baru tetapi sudah pernah ada pada masa sebelumnya sebagaimana dikisahkan dalam beberapa kisah-kisah dalam Alquran. Beliau juga menyampaikan terima kasih telah berkesempatan menyapa masyarakat dunia, terlebih kepada IAIN Pontianak.

Pembicara selanjutnya, Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA, sebagai Wakil Rektor II IAIN Pontianak, Indonesia, yang berbicara lebih kepada himbauan-himbauan untuk mematuhi protokol kesehatan, sebagaimana yang telah ditentukan pemerintah dan organisasi kesehatan dunia (WHO).

Kemudian, Syeikh Arif Shajan Alosaime, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Pengajaran Bahasa Arab Bagi Penutur Asing di Universitas Um al Qura, berbicara tentang hak-hak asasi manusia sebagai sesuatu yang sangat penting dalam Islam, kita semua wajib menghormati dan melaksanakannya. Beliau juga mengapresiasi kerjasama dalam webinar kali ini.

Dr. Mohamed Eltayeb Mohamed Hussein, Penanggungjawab Penerimaan Mahasiswa Indonesia di Universitas Internasional Afrika Sudan menuturkan tentang informasi-informasi terkait virus corona dan bagaimana seharusnya kita untuk dapat beradaptasi dengan keadaan Covid-19. Beliau juga mengapresiasi kegiatan ini, bisa menyambung silaturrahim lintas negara.

Pembicara terakhir, Ahmed Yassine Leghouini, Ph.D Candidate, University Of Amar Telidji, Laghouat Algeria (Aljazair). Terlebih dahulu beliau mengapresiasi webinar internasional IAT FUAD IAIN Pontianak. Kemudian beliau berbicara mengenai fatwa-fatwa ulama Aljazair tentang Corona (Covid-19), yang mana fatwa-fatwa atau himbauan-himbauan ulama disana hampir mirip dengan keadaan di Indonesia.

Penanggungjwab seri diskusi dosen FUAD IAIN Pontianak, Elmansyah, M.S.I menyampaikan terima kasih kepada para netizen berbagai negara yang sudah mengapresiasi kegiatan ini, akan ada banyak lagi webinar-webinar yang dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu dosen dan memperluas jaringan kerjasama FUAD IAIN Pontianak, dengan ragam model webinar, maka kami himbau para stakeholder saksikanlah kegiatan-kegiatan kami pada masa mendatang.

Penulis: Didi Darmadi
Editor: Omar Mukhtar Al Assad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here