Workshop Peningkatan Mutu Pembelajaran Bagi Dosen

0
258 views

_dsc0019Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Pontianak mengadakan Kegiatan Workshop Peningkatan Mutu Pembelajaran bagi Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Swasta Se-Kalimantan Barat. Workshop ini dilaksanakan secara itensif selama dua hari, yaitu dimulai dari hari Selasa sampai Rabu, tanggal 11 s/d 12 Oktober 2016 di Auditorium Syekh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja pembelajaran daripada dosen itu sendiri. Terutama dalam kesadaran mereka terhadap peningkatan  mutu pembelajaran, merencanakan proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.

Ketua LPM IAIN Pontianak, Supendi, S.Pd.I., M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan seperti ini adalah kegiatan rutin dalam rangka untuk meningkatkan mutu pembelajaran, khususnya untuk IAIN Pontianak, dan pada umumnya untuk seluruh Perguruan Tinggi Keagamaa Islam Negeri dan Swasta Se-Kalimantan Barat.

“LPM IAIN Pontianak tidak berfikir untuk kepentingan peningkatan mutu pembelajaran bagi para dosen dari IAIN Pontianak saja secara internal, tetapi juga berupaya untuk mengajak bersama-sama para dosen PTAIN/PTAIS Se-Kalimantan Barat. Ini merupakan kewajiban bersama dan merupakan tanggung jawab IAIN Pontianak sebagai satu-satunya PTAIN di Kalimantan Barat,” paparnya.

_dsc0012Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Hamka Siregar, M.Ag. Dalam sambutannya, Hamka menghimbau di depan para dosen dari IAIN Pontianak, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Swasta Se-Kalimantan Barat untuk menjadi contoh kepada mahasiswanya, bukan memberi contoh. “Kalian (para dosen) harus menjadi contoh bagi para mahasiswa, bukan memberi contoh. Memberi contoh itu mudah, tetapi menjadi contoh hidup (tauladan) itu yang susah untuk kita diterapkan,” himbaunya.

Selama dua hari, para peserta dibekali dengan materi-materi yang beorientasi pada peningkatan mutu pembelajaran. Di antaranya ialah materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Anurrahman, M.Pd. tentang Standar Mutu Pendidikan dan Penerapan KKNI di Perguruan Tinggi. Kedua adalah materi yang disampaikan oleh Dr. Sofian, M.Sc. tentang Bimbingan Teknis Penyusunan RPS, Silabus dan Kontrak Kuliah. Selanjutnya adalah materi tentang Bimbingan Teknis Pembuatan Media dan Metode atau Strategi Belajar yang disampaikan oleh Tim Media Pembelajaran dari LPM IAIN Pontianak. Setelah kegiatan workshop ini dilaksanakan, para dosen diharapkan dapat menerapkan ilmu-ilmu yang didapati mereka dalam meningkatkan mutu pembelajaran yang mereka terapkan pada instansi masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here