Dorong Kualitas Penelitian, Jurusan Ekonomi Islam Sukses Rampungkan Kreativitas Mahasiswa Dalam Penelitian

0
38 views

img20161022111846-2Ketua panitia Kreativitas mahasiswa dalam penelitian, Jurusan Ekonomi Islam (EI) IAIN Pontianak, Anggatia Arriza ME, Selasa (10/11) merasa bersyukur dan bangga dari kinerja mahasiswa EI dalam melakukan penelitian lapangan. Pasalnya penerapan praktek penelitian lapangan dari hasil seminar “kreativitas mahasiswa dalam penelitian” membuahkan hasil.

Dosen muda yang akrap disapa Anggatia ini, mengatakan dari hasil penelitian yang disampaikan oleh mahasiswa memberikan pembelajaran antara teori dan praktek dalam pendidikan ekonomi Islam berupa karya ilmiah mahasiswa. Selama praktek penelitian lapangan, mahasiswa EI mendapatkan pengalaman langsung serta membaur dengan pelaku wirausaha muslim. Diantaranya pelaku usaha olahan makanan (pentol, peyek, kripik), kue bolu, bimbel, flane (sendal, aksesoris, tempat tisu), taylor, IT, laudry, dan kerajinan lainnya.

Antusiasme dan mulai mengerti cara meneliti yang ditunjukkan mahasiswa sudah disadarinya sejak minggu pertama mahasiswa terjun ke lokasi. Dia berharap kegiatan ini dapat dijadikan mahasiswa sebagai proses belajar dan hasil penelitian dapat menjadi sebuah karya ilmiah berupa penelitian mini yang dapat diteruskan mahasiswa menjadi penelitian akhir studi (skripsi).

Dari rentang waktu yang berakhir pada 31 Oktober 2016 lalu, beberapa hasil penelitian pun sudah diterimanya dari kerja kelompok penelitian mahasiswa. Dari hasil tersebut ia menekankan bahwa pengembangan penelitian lapangan tersebut dapat diteruskan atau data-data yang ada bisa diolah ke dalam penelitian individu.

Dia menyebut dari penelitian yang diserahkan sudah memenuhi standar penelitian, tinggal dikembangkan menjadi penelitian yang sesungguhnya. Dengan demikian, apa yang dilakukan mahasiswa dari kegiatan seminar hingga kegiatan praktek penelitian lapangan memberikan hasil yang baik bagi pengembangan kreativitas mahasiswa dalam penelitian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here