Hari Santri Nasional, Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak Unjuk Kompetensi

img_20161030_131440-copyWarga Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak memperingati Hari Santri Nasional. Hari Santri Nasional tahun ini merupakan peringatan tahun pertama setelah penetapan Hari Santri Nasional oleh Presiden Jokowi pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal, Jakarta. Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional tersebut, Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak mengadakan beberapa perlombaan yang mencerminkan kompetensi-kompetensi yang dimiliki oleh Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak.

Kegiatan yang memasang tajuk “Unjuk Kompetensi Mahasantri“ ini akan berlangsung dari tanggal 22 Oktober s.d. 1 November 2016 pada acara pembukaan lalu dihadiri oleh Wakil Rektor III IAIN Pontianak Bidang Kemahasiswaan, Dr. Zaenuddin, S.Ag., MA, MA. Yang hadir mewakili Rektor IAIN Pontianak sekaligus membuka acara tersebut secara resmi. Dalam sambutannya, Warek III mengharapkan Ma’had Al-Jamiah IAIN Pontianak menjadi corong internasional untuk mempromosikan kampus IAIN Pontianak. “Saya berharap Ma’had Al-Jamiah menjadi corong internasional untuk mempromosikan kampus IAIN Pontianak. Terlebih lagi di Ma’had Al-Jamiah telah ada dua mahasiswa yang berasal dari negeri Jiran, Malaysia. Setidaknya, selepas mereka pulang liburan, mereka bisa menyebarkan kabar positif tentang kampus IAIN Pontianak, IAIN Pontianak selalu mendukung setiap kegiatan mahasiswa, terutamanya kegiatan Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah”, paparnya.

Ada lima kompetensi yang diperlombakan dalam kegiatan kali ini, yaitu khitabah bahasa Arab dan Inggris, telling story, ta’bir, qisshah, masrahiyyah (pertunjukan) dan drama berbahasa Arab dan Inggris, kaligrafi (seni tulis Arab) dan hifdzus suwar (Hafalan surat-surat dalam al-Quran). Ketua panitia berharap, semua mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak dapat mengikuti beberapa kategori lomba tersebut untuk menunjukkan kompetensi yang dimilikinya. Unjuk kompetensi ini merupakan salah satu bagian test hasil belajar yang telah dilaksanakan di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak.

Dari beberapa perlombaan yang telah diadakan, Mahasantri Ma’had Al-Jamiah IAIN Pontianak angkatan ke-III ini tergolong lebih kreatif. Hal ini terbukti dengan penampilan-penampilan yang telah ditampilkan pada malam pembukaan. Penampilan yang sangat menyedot perhatian penonton pada waktu itu ialah penampilan “Tiga Pendekar Ma’had”. Mereka ialah Anang yang menampilkan Pencak Silat Sambas, Awang yang memperkenalkan Pencak Silat Negeri Jiran Malaysia, terakhir adalah penampilan dari salah satu staf Ma’had dan juga sebagai Ketua Pencak Silat Ma’had, Ustadz Joehary, SE.I., yang tidak mau kalah dan menampilkan jurus-jurus andalannya.

Semakin kreatifnya Mahasantri Ma’had Al-Jamiah IAIN Pontianak tidak terlepas dari jumlah peminat yang ingin menjadi mahasantri yang semakin meningkat setiap tahunnya. Mudir Ma’had Al-Jamiah IAIN Pontianak, Drs. Dulhadi, M.Pd. berharap setiap kegiatan yang telah diagendakan oleh Pengelola Ma’had Al-Jami’ah harus diikuti oleh semua mahasantri, karena acara “unjuk kompetensi” itu adalah salah satu bagian dari evaluasi pembelajaran Mahasantri. Acara tersebut ditutup dengan launcing MARS Ma’had Al-Jami’ah yang dibuat oleh Hendra Abra Kadabra. Serangkaian acara secara resmi di tutup tadi malam sekaligus pembagian hadiah kepada pemenang lomba yang telah mengikuti lomba selama 10 hari.

Related Posts

Leave A Comment