Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak akan menggelar kegiatan Borneo International Halal Showcase (BIHAS). Kegiatan ini merupakan pameran product halal internasional yang pertama kali diadakan di wilayah Borneo.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu terobosan untuk memeriahkan kegiatan Konferensi Antar Bangsa Islam Borneo (KAIB) yang akan dilaksanakan pada 24 September 2018 di Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

Ide tersebut disampaikan Dr. Zaenuddin mewakili Rektor IAIN Pontianak saat menghadiri Rapat Majelis Islam Sarawak, Malaysia pada 3 Juli 2018 lalu. Zaenuddin mengatakan pertemuan tersebut merupakan rapat persiapan lanjutan dari pembahasan sebelumnya yang dihadiri Rektor IAIN Pontianak di Sabah, Malaysia. Kita mendorong pengurus masjid untuk terlibat menyukseskan acara ini agar tumbuh pengusaha product halal dari Jama’ah masjid” urainya.

Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA menjelaskan, “Product halal merupakan bagian penting dari kajian Islam modern. Pameran tersebut bertujuan untuk membangun network dan mendorong kerjasama antara pengusaha product halal dengan akademisi di kawasan Borneo. IAIN Pontianak memiliki kepedulian dan sangat berkepentingan untuk mendorong product-product halal untuk diperkenalkan kepada publik. Hal ini sebagai upaya mewujudkan visi IAIN Pontianak: “Ulung dan Terbuka dalam Kajian dan Riset Keilmuan, Keislaman serta Kebudayaan Borneo”.

Rektor Syarif menegaskan bahwa, “Hal yang tak kalah pentingnya adalah, kegiatan tersebut dalam rangka merajut komunikasi kawasan regional untuk mengantisipasi gerakan radikalisme dan radikalisasi ajaran agama” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here