IAIN Pontianak Pamerkan Ratusan Buku Karya Dosen dan Mahasiswa di IIEE Tahun 2017

0
168 views

Institut Agama lslam Negeri (IAIN) Pontianak ikut berpartisipasi memeriahkan kegiatan International Islamic Education EXPO (IIEE) Tahun 2017 di Hall Nusantara  Indonesia Convention Exhibition (ICE)-BSD City, Tangerang. Kegiatan internasional yang dibuka langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, tersebut berlangsung selama  4 hari,  21 s/d 24 November 2017.

Pada kesempatan tersebut, IAIN Pontianak memamerkan ratusan karya dosen, mahasiswa dan kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa IAIN Pontianak. Menurut Kabag. Umum Biro AUAK, Sumarman, S.Ag., “Pada kegiatan International Islamic Education EXPO (IIEE) 2017, stan kami (IAIN Pontianak) memamerkan ratusan buku dan kaset lokal karya dosen yang dipajang dengan indah di dinding agar mudah dilihat pengunjung,” ungkapnya.

Selain buku-buku karya dosen, IAIN Pontianak juga memperkenalkan puluhan buku karya mahasiswa serta kolaborasi mahasiswa dan dosen, baik bergenre fiksi maupun non fiksi, serta beberapa buku sudah dibuatkan HAKI-nya (Hak Atas Kekayaan Intelektual). “Menariknya, stan kami juga menampilkan beberapa buku dan karya hasil penelitian mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan Kampung Riset, salah satu program unggulan di IAIN Pontianak,” paparnya.

Sementara itu, Mita Hairani, salah satu penjaga stan IIEE yang mewakili Club Menulis IAIN Pontianak menyampaikan, “Club menulis IAIN Pontianak menyumbangkan banyak buku tentang lokal Kalimantan Barat yang diproduksi secara mandiri. Ini merupakan salah satu hal yang menarik perhatian pengunjung hingga stan kami menuai banyak pujian karena produktivitasnya. Bahkan ada beberapa pengunjung yang ingin menjadikan IAIN Pontianak sebagai contoh pengembangan budaya literasi di daerahnya. Inilah yang membuat saya bangga menjadi mahasiswa IAIN Pontianak dan anggota Club Menulis,” jelasnya dengan sumringah.

Selain dimeriahkan oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (termasuk IAIN Pontianak), kegiatan IIEE tahun 2017 ini juga diramaikan oleh sekolah-sekolah Islam, mulai dari madrasah ibtidaiyah hingga madrasah aliyah. Tak tertinggal beberapa bank nasional seperti BRI, Mandiri dan Bank Indonesia. Beberapa perguruan tinggi luar negeri, serta kedutaan asing, juga ikut pameran. Pameran ini merupakan salah satu event terbesar yang dilaksanakan oleh Kemenag RI dengan mengikutsertakan ratusan stan yang berasal dari seluruh Indonesia serta luar negeri. (Luthfy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here