LPM Gelar Pelatihan AMT bagi Pegawai Administrasi IAIN Pontianak

Setiap manusia harus memiliki motivasi dalam kehidupan. Begitu juga dalam dunia kerja, setiap pegawai mesti memiliki motivasi dan semangat berprestas. Dengan mengenal diri sendiri, berarti memperoleh pengetahuan tentang potensi psikologis yang tepat. Mengenali potensi diri ini amat diperlukan oleh setiap orang dalam proses pengembangan diri, sehingga terjadi peningkatan prestasi dalam dunia kerja.

Dalam rangka peningkatan prestasi tersebut, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Pontianak mengadakan Pelatihan AMT (Achievement Motivation Training) bagi pegawai adminsitrasi IAIN Pontianak pada hari Senin-Rabu, 15-17 Mei 2017 di Auditarium Syekh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak. Tujuannya ialah untuk membangun konsep diri yang positif bagi pegawai administrasi IAIN Pontianak, sehingga tercipta lingkungan kerja yang kondusif seperti yang diharapkan.

Kegiatan Pelatihan AMT ini diikuti oleh 50 pegawai adminsitrasi di lingkungan IAIN Pontianak. Menurut Sapendi, S.Pd.I., M.Pd., Ketua LPM IAIN Pontianak, setidaknya ada 2 manfaat dengan diadakannya pelatihan ini. Pertama, terbentuk kesadaran psikologis dan agamis para peserta demi pencapaian optimalisasi diri dengan mental yang sehat dan selalu berpikir positif. Kedua, bagi Lembaga kegiatan ini dapat meningkatkan etos kerja dan therapy mental psikologi bagi seluruh pegawai administrasi di lingkungan IAIN Pontianak.

Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Hamka Siregar, M.Ag. menyambut baik kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan akses, mutu, kesejahteraan dan subsidi Pendidikan Tinggi Islam, serta peningkatan dukungan manajemen pendidikan dan pelayanan tugas teknis di IAIN Pontianak.

Kemudian, Rektor mengajak para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut untuk bersama-sama meningkatkan kinerja dan kualitas kerja di IAIN Pontianak. “Saya mengajak kepada seluruh pegawai administrasi di lingkungan IAIN Pontianak, ayo kita bersama-sama tingkatkan kinerja dan kualitas kerja kita dengan penerapan nilai-nilai agama dalam kesadaran budaya kerja di lingkungan IAIN Pontianak,” ajak Rektor.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara intensif selama 3 hari. Hari pertama adalah pembukaan dan dilanjutkan dengan pemberian materi dari Tim UP2D. Materi-materi yang disampaikan adalah AMT (IRS, TAT, Siapa Saya), Kuisioner, Permainan dan Analisa Ring Toss Game (RTG); AMT (Tiga Motif Sosial dan Penilaian TAT), Kuisioner Atasan dan Bawahan; dan AMT, Ciri-Ciri N-Ach, Block Building Game (BBG). Hari kedua adalah pemberian materi yang disampikan oleh Agus Handini, M.Psi, Psikolog. Ia menyampaikan materi tentang Analisis Diri (Mengenali, Memahami Kekuatan, Kelemahan dan Motif Diri); Pola Berpikir Prestasi; AMT dan Motivasi Penetapan Tujuan Prestasi. Pada hari ketiga, materi disampaikan oleh Dr. H. Harjani Hefni, Lc. MA. Ia menyampaikan materi tentang Internalisasi Nilai-Nilai Agama dalam Budaya Kerja, Pelusuran dan Ikrar Pribadi. (Luthfi)

Related Posts

Leave A Comment