PONTIANAK–Sejumlah 355 Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pontianak ikuti Pembekalan dan Penyerahan Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun 2018. Kegiatan tersebut digelar pada Senin (17/9/2018) di Auditorium Abdul Rani Mahmud. PPL ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 17 s.d. 19 September 2018.

 

Ketua Panitia PPL, Drs. Mansyur, M.Pd mengatakan Pembekalan PPL dilaksanakan selama dua hari dan sehari berikutnya penyerahan mahasiswa ke tempat PPL yang telah ditentukan. Mahasiswa FTIK yang mengikuti PPL tahun ini berjumlah 355 orang. Dengan rincian Jurusan PAI sejumlah 190 mahasiswa, PBA 27 mahasiswa, PGMI 112 mahasiswa, dan PIAUD 26 mahasiswa. “Jumlah mahasiswa yang mengikuti PPL tahun ini sebanyak 355 mahasiswa. Dengan 60 lokasi yang tersebar di segala tingkat pendidikan, mulai dari PAUD hingga SMA/MA. Jumlah Guru Pamong 156 dan Dosen Pembimbing sebanyak 40.” jelasnya.

Ia pun meminta kepada setiap mahasiswa untuk menjaga sikap dan etika keguruan di sekolah serta menjaga marwah IAIN Pontianak. “PPL bukan sekedar mata kuliah yang meloloskan kewajiban saja. Ada konsekuensi yang harus diikuti sebelum itu yaitu mengikuti mata kuliah pra syarat keguruan. Hal ini untuk membentuk mahasiswa yang siap mengimplementasikan isi kurikulum ke tingkat operasional kelas. Mahasiswa harus membawa nilai kurikulum yang di dalamnya terdapat sikap, religius, dan sosial saat berada di sekolah.” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FTIK IAIN Pontianak, Dr. Ali Hasmy, M.Si membuka acara secara resmi dan menghimbau kepada mahasiswa untuk selalu menjaga etika dan sikap dimanapun berada termasuk di sekolah nanti. “Jaga etika kalian selama berproses di sekolah tempat kalian PPL. Jaga nama baik IAIN Pontianak dan tunjukkan karakteristik Mahasiswa IAIN Pontianak yang santun, disiplin, dan patuh terhadap aturan yang berlaku di sekolah. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” pesannya.

Ia pun meminta kepada setiap mahasiswa untuk menjadikan PPL sebagai sarana latihan dan kompetensi diri. “Jangan ada anggapan jika PPL ini memberatkan. Terkadang salah satu yang membuat orang berprestasi karena adanya stress maupun tekanan. Karena dibalik tekanan itulah timbul suatu keoptimisan dan percaya diri.” terangnya.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here