10 CPNS IAIN Pontianak Ikuti Latsar

PONTIANAK (www.iainptk.ac.id)–Kepala Biro Administrasi,Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si, didampingi Kepala Bagian Umum pada Biro AUAK Sumarman, S.Ag, memberikan arahan kepada 10 orang CPNS yang akan mengikuti kegiatan Latihan Dasar (Latsar) CPNS Kementerian Agama Tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 23 September s.d 13 Oktober 2019 di Shahida Inn Kampus 2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl. Kerta Mukti No. 5 Cireunde Ciputat Tangerang Selatan.

Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si selaku Kepala Biro AUAK IAIN Pontianak saat diwawancari di ruang kerjanya beliau mengatakan saya menyampaikan dari segi mental atau sikap yang harus disiapkan, sedangkan dari segi teknisi akan diarahkan Kabag Umum.

“Bersyukur kita semua yang hari ini diberikan kesempatan untuk menjadi ASN atau CPNS di IAIN Pontianak. Karena banyak orang diluar sana ingin menjadi ASN di IAIN Pontianak, tetapi belum bisa. Oleh karena itu, dalam rangka saling mengingatkan, kita harus mensyukuri apa yang telah kita terima hari ini” paparnya.

Selanjutnya Kepala Biro AUAK memberikan analogi syukur ke peserta latsar dengan bercerita, “Ada 4 orang yang masing-masing diberi kuda. Orang pertama, ketika diberi kuda ia pelihara dengan baik. Orang kedua, ia pelihara kuda itu dengan baik dan ia gunakan sebagai mana fungsi kuda. Orang ketiga, ia pelihara kuda dengan baik, dia gunakan dan ia bersilahturahmi ke orang yang memberinya kuda. Orang keempat, ia pelihara kuda dengan baik, ia gunakan dan ia berterima kasih kepada yang memberi kuda dan Tuhannya yang pencipta kuda dan orang yang memberi kuda tersebut” begitulah gambaran semestinya sikap terbaik kita sebagai CPNS, berterima kasih kepada Rektor, Menteri Agama dan Allah Swt,” ulasnya.

“Terakhir, Oleh karena itu, siapkan mental, bangun kerjasama dengan baik, laksanakan semua jadwal dan aturan latsar yang diberikan serta ikuti Latsar ini dengan baik dan usahakan memberikan yang terbaik dan nilai terbaik dalam membawa nama baik IAIN Pontianak”, tutupnya ramah.

Sumarman, S.Ag selaku Kepala Bagian Umum saat diwawancarai di ruang kerjanya mengatakan “Pertama, secara teknis untuk sampai ke lokasi kegiatan beliau menyampaikan secara detail ke peserta Latsar, karena memang tidak semua peserta pernah ke Jakarta. Kedua, diharapkan seluruh peserta melakukan yang terbaik, jangan sampai ada peserta melakukan hal yang tidak baik, karena beberapa tahun terakhir ini IAIN Pontianak sering menjadi peserta terbaik. Ketiga, terkait teknis pembiayaan. Kita (IAIN Pontianak) sudah ada MoU dengan Balai Diklat terkait Diklat atau Latsar. Dalam hal akomodasi, konsumsi, nara sumber dan sebagainya ditanggung Balai Diklat. Sedangkan transportasi pergi dan pulangnya ditanggung IAIN Pontianak. Oleh karena itu, peserta Latsar diharapkan menyesuaikan penggunaan tiket dengan keterbatasan dana yang ada, kelebihan bagasi akan ditanggung oleh peserta” jelasnya.

Kabag umum juga menjelaskan, “Peserta harus memanfaatkan semaksimal mungkin semua momen, kesempatan selama kegiatan yang ada, untuk silahturahmi, beradaptasi dengan semua peserta. Diharapkan dengan komunikasi yang baik, insha Allah akan banyak kemudahan yang didapat. Persiapkan apa-apa yang diminta, baik pakaian dan sebagainya selama kegiatan dan semaksimal mungkin menjadikan dirinya bermanfaat. Terakhir, bagi siapa yang keberatan atau berhalangan karena sakit atau hamil, masih ada waktu 1 minggu untuk mengajukan pengunduran diri dan akan diganti dengan yang lain, jangan sudah hari H nya baru mau mengajukan, karena jika sudah hari H apapun kendala, ya harus tetap diikuti” pungkasnya.

Penugasan 10 CPNS IAIN Pontianak mengikuti Latsar ini merupakan tindaklanjut dari surat Ketua Balai Diklat Keagamaan Nomor: P. 3239/Bdl.04/1/KP.02.1./09/2019 tanggal 12 September 2019 perihal: Panggilan Peserta Latihan Dasar CPNS.

Penulis: Heriansyah
Editor: Aspari Ismail

Print Friendly, PDF & Email