Bersaing dengan Doktor, Mahasiswa IAIN Pontianak Lolos Riset dan Kajian Pemikiran Tokoh Nasional Pemuda

0
379 views

PONTIANAK (www.iainptk.ac.id)– Kabar gembira menyelimuti Kampus IAIN Pontianak. Beragam prestasi terus dicapai oleh institusi, mahasiswa, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan. Saat ini Bibi Suprianto, mahasiswa IAIN Pontianak Prodi Pendidikan Agama Islam mengharumkan nama IAIN Pontianak di tingkat nasional. Ia terpilih dari 50 peserta yang lolos karya tulisnya di Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam Kompetisi Riset dan Kajian Pemikiran Tokoh Nasional Pemuda.

“Acara ini banyak dosen muda dari UIN Surabaya, Universitas Borneo Tarakan dan bahkan rata-rata sudah S2 dan juga ada yang Doktor. Orangnya masih muda-muda semua.” ungkap pemuda yang belum lama ini menyelesaikan skripsinya dan tercatat sebagai mahasiswa tercepat di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

“Saya mendapatkan informasi tentang kegiatan Kajian dan Riset yang diadakan Kemenpora, melalui share pamplet yang di share di grup WA Klub Riset IAIN Pontianak. Saya tertarik mengikuti karya tulis ilmiah tersebut dikarenakan Kemenpora memberikan tiket pesawat pulang pergi, biaya penginapan hingga uang saku, bagi peserta yang lolos seleksi Essay Kemenpora. Alhamdulillah saya bisa lolos dan masuk diantaranya 50 peserta se-Indonesia. Kesempatan ini sungguh sangat berharga bagi saya” ujar lelaki yang berasal dari Kabupaten Kapuas Hulu Kecamatan Suhaid itu menceritakan proses awal mengikuti kegiatan tersebut.

Anak pertama dari empat bersaudara ini juga menyebutkan judul penelitian yang diangkatnya dalam riset adalah “Abdurrahman Baswedan Sang Perintis Kemerdekaan Indonesia”. Bibi juga menjelaskan alasannya memilih tokoh Abdurrahman Baswedan “Karena beliau merupakan tokoh muda pahlawan nasional yang mampu mempersatukan perbedaan antara Arab dan Non Arab yang ada di Indonesia agar Indonesia tidak berpecah belah” jelasnya.

Mulai dari tanggal 10 hingga 13 September 2019, Bibi akan mengikurti kegiatan ini. Bibi yang memiliki hobi menulis, membaca dan berolaraga ini akan menginap di Hotel Milenium Jakarta selama kegiatan.

Bibi juga mengutarakan perasaannya saat mengikuti kegiatan nasional ini “Karena sudah dibiayai pesawat, penginapan di hotel Milenium bintang 4 dan uang saku, saya sudah bahagia. Namun sungguh sangat istimewa sekali apalagi riset yang saya buat ini bisa diterbitkan menjadi buku nantinya dan kalau saya terpilih menjadi 10 orang terbaik akan mendapatkan penghargaan peserta terbaik. Sungguh ini adalah keberuntungan menurut saya.” pungkasnya.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here