BISMILLAH! ROMBONGAN EKSPEDISI BORNEO SIAP MENGABDI KE MASYARAKAT

Pontianak (iainptk.ac.id) Rombongan Ekspedisi Borneo IAIN Pontianak akhirnya resmi dilepas oleh Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LP2M, Dr. Fauziah, M.Pd, Minggu (20/11) di Gazebo IAIN Pontianak. Panitia, Dosen Pembimbing, dan Peserta Ekspedisi Borneo akan melaksanakan pengabdian masyarakat berbasis riset di Kabupaten Bengkayang mulai 21 s.d. 27 November 2022.

Titik lokasi yang menjadi lokasi pengabdian antara lain, Desa Bange, Desa Lembang, dan Desa Tugudak.

Dalam sambutannya, Dr. Fauziah, M.Pd menuturkan, kegiatan Ekspedisi Borneo merupakan ajang pengabdian Sivitas Akademika IAIN Pontianak di masyarakat. Tidak hanya sekedar pengabdian, namun juga menghasilkan riset yang diperoleh dari pengabdian itu sendiri. Oleh karenanya output yang akan dihasilkan dalam kegiatan ini berupa buku.

Fauziah menuturkan kegiatan ini sekaligus sebagai sarana promosi bagi masing-masing prodi. “Jadikan kegiatan ini sebagai sarana promosi kampus. Silahkan jika ada selebaran atau informasi penting lainnya terkait prodi untuk dibagikan kepada masyarakat,” terangnya.

Menurutnya dalam kegiatan ini peserta diminta lebih banyak mengamati sekaligus mengobservasi secara langsung aktivitas masyarakat, khususnya yang berkenaan dengan corak keagamaan dan sosial keagamaan. Tidak hanya itu ia berpesan untuk melakukan pengabdian seperti mengajar ngaji, memberi penyuluhan agama, dan menyampaikan materi penting lainnya sesuai kebutuhan dari masyarakat nantinya.

Terakhir ia berharap seluruh rombongan menjaga nama baik kampus selama berkegiatan. Dengan mengikuti norma-norma yang berlaku dan senantiasa menjaga etika selama di masyarakat.

Salah satu Peserta Ekspedisi Borneo, Mariani mengatakan, “Kegiatan Ekspedisi Borneo menurut saya keren. Lebih menantang. Karena di sini kita dituntut untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah untuk diterapkan di masyarakat,” pungkasnya.

Penulis: Septian Utut Sugiatno, M.Pd

Editor : Omar Mukhtar

Similar Posts