-

Porprov Kalbar Cabang Kempo Kembali digelar, Ketua Umum Perkemi Targetkan Buka Persatuan Kempo di IAIN Pontianak

Pontianak (iainptk.ac.id) Cabang olahraga bela diri Shorinji Kempo kembali di gelar di Sport Center Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Kali kedua Kempo ini diadakan, dalam perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIII Kalimantan barat.
Kali ini Kempo diikuti sebanyak 134 peserta, diantaranya 73 atlet putra dan 61 atlet putri dari 10 kabupaten dan kota di Kalimantan Barat. Muhammad Rudin, Ketua Pelaksana Kempo mengatakan sebanyak ada 134 atlit dan official yang berjumlah 20 orang.
“Secara keseluruhan ada 10 kontingen, 1 dari bengkayang masih peninjau, karena belum ada pengukuhan. Total atlit yang ikut serta dalam kegiatan ini berjumlah 134 orang. Ditambah lagi dengan official sebanyak 20 orang”,katanya.
Dua kali berkunjung dan melangsungkan Kempo di Sport Center IAIN Pontianak, Rudin merasa sangat antusias dengan salah satu Venue Porprov kali ini. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor IAIN Pontianak yang telah mendukung kegiatan ini.
“Alhamdulillah, kalo saya cukup antusias sekali dan saya rasa tempat ini sangat representatif dalam menggelar acara semacam ini. Kita juga berterima kasih kepada Rektor IAIN Pontianak karena telah mendukung tempat ini. Kita sudah 2 kali mengadakan kegiatan Kempo disini”,ungkapnya.

Selain itu, hadir juga Ketua umum Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Kalimantan barat, Dr. Hermansyah, SH., M.Hum. selain menjadi Ketua Umum dalam organisasi ini, beliau juga sebagai dosen fakultas hukum dan ketua program magister ilmu hukum Untan.
Menurut Dr. hermansyah, dengan adanya Kempo masuk ke porprov ke XIII ini merupakan prestasi yang luar biasa dan suatu bentuk nyata dari keberhasilan pengurus sebelumnya.
“Saya pikir ini suatu prestasi yang luar biasa dalam arti suatu perjuangan yang sangat luar biasa dari pengurus-pengurus sebelumnya. Ini bentuk wujud nyata dari keberhasilan juga dari pengurus sebelumnya untuk memperjuangkan Kempo ini masuk kedalam kejuaraan Porprov ini. Sebelumnya kan belum nih. Makanya ini juga suatu tantangan dan kesempatan bagi kami Perkemi”,katanya.
Beliau juga akan melakukan safari guna untuk mengenalkan serta memperluas jaringan olahraga bela diri tersebut, salah satunya akan menemui Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA.
“Bagi saya setelah diamanahkan sebagai Ketua Umum ini tentu akan melakukan safari termasuk juga akan berbicara khusus dengan Rektor IAIN Pontianak, bapak Dr. Syarif terkait memperluas jaringan dan membuka Kempo untuk IAIN Pontianak”,ucapnya.
Mengakhiri wawancaranya, Ketua Umum Perkemi ini pun berharap dan optimis kempo ini akan kembali jaya dalam kurun waktu 4 tahun kemudian.
“Saya pikir ini ajang bukan untuk mencari bibit-bibit yang berpotensi untuk dibawa ke kancah nasional. Tapi juga sebagai menentukan sebuah titik awal untuk kita melakukan evaluasi. Mulai dari atlitnya, wasitnya, semuanya akan kita evaluasi untuk memberikan penguatan. Dan kita sudah minta kepada pengurus untuk mencermati apa sisi lemah kita pada pertandingan hari ini. Nanti saya akan minta untuk kita buatkan program. Sehingga kedepan saya begitu yakin, mudah-mudahan dalam 4 tahun kedepan kempo akan jaya kembali”,Pungkasnya.

Penulis : Farly dan Bambang

Editor : Omar Mukhtar

Similar Posts