Buka PBAK, Rektor Ajak Mahasiswa IAIN Pontianak Sebarkan Islam Moderat

0
347 views

PONTIANAK (www.iainptk.ac.id) – Sejumlah 1785 mahasiswa baru IAIN Pontianak mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Kegiatan itu akan berlangsung selama empat hari, 26-29 Agustus 2019. PBAK IAIN Pontianak tahun ini mengusung konsep unik dan berbeda dari tahun sebelumnya.

“Salah satu alasan seluruh mahasiswa baru harus menginap ketika PBAK adalah dalam rangka mengoptimalkan proses pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan. Agenda-agenda PBAK pun didesain sedemikian rupa, sehingga diharapkan mahasiswa baru IAIN Pontianak mendapatkan bekal yang memadai dalam berkiprah di kampus serta menjadi garda depan penyebar Islam moderat dan penjaga gawang NKRI” ujar Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA ketika memberikan arahan pada acara pembukaan PBAK, Senin (26/8) pagi di Gazebo IAIN Pontianak.

“Dengan diinapkannya seluruh mahasiswa baru, maka kami bisa leluasa memberikan informasi tentang moderasi beragama, wawasan kebangsaan, serta dapat menggembleng mental dan spiritualitas mahasiswa baru. Pendidikan agama itu penting, bukan hanya basa-basi. Untuk itulah ke depan, kami akan menerapkan kurikulum yang lebih dominan tentang keagamaan yang moderat. Jika pun dipersepsikan PBAK IAIN Pontianak sebagai pesantren kilat, tidaklah keliru, karena banyak agenda yang bernuansa keagamaan, seperti sholat fardu berjamaah, tahajud, dan sebagainya “terang pria asal Ketapang itu bersemangat.

Tampak Muhammad Aziz Hakim, Kasi Pengembangan Profesi PTKIN, yang hadir mewakili Direktur Dikti Kemenag RI, para Wakil Rektor, para Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Senat, Kepala Satuan Pengawas Internal, Kepala Biro AUAK, serta seluruh pejabat struktural dan para peserta PBAK menyimak paparan orang nomor satu di kampus IAIN Pontianak itu dengan penuh seksama.

Penulis: Ishak
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here