Terapkan Konsep Baru, PBAK IAIN Pontianak Meriah

0
690 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id)—Institut Agama Islam (IAIN) Pontianak menerapkan konsep baru dalam pelaksanaan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang digelar 26-29 Agustus 2019. Sebanyak 1785 mahasiswa baru sudah memadati kampus yang berada di jantung Kota Pontianak itu tepat pukul 05.00 subuh. Sebelum acara pembukaan, dilantunkan Shalawat Nabi oleh Mahasantri Ma’had al-Jami’ah. Pertama kalinya kegiatan Pembukaan PBAK IAIN Pontianak digelar di tempat terbuka.

“Pelaksanaan PBAK tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini PBAK mengusung konsep Perkemahan PBAK. Ini merupakan ide besar yang dicanangkan oleh Rektor IAIN Pontianak beserta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Di samping itu dalam acara pembukaan juga diisi dengan ikhtiar mendapatkan Rekor MURI; mengkhatamkan al-Quran dalam waktu 5 Menit. Kemudian seluruh peserta menuliskan surat untuk Presiden Republik Indonesia.” ujar Suyati, S.Ag selaku Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Biro AUAK ketika memberikan laporan pada acara Pembukaan PBAK di Gazebo IAIN Pontianak, Senin (27/8) pagi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa guna membangun karakter mahasiswa secara totalitas. Selain itu fungsi PBAK dalam kegiatan ini adalah untuk mendidik, membimbing dan mengarahkan peserta untuk mengenali dan memahami sistem pendidikan di lingkungan IAIN Pontianak. Adapun tujuan dari kegitan ini adalah pertama, untuk mengembangkan pemahaman, dan penghayatan peserta terhadap sistem pendidikan di IAIN Pontianak. Kedua, mengembangkan kecerdasan spiritual, emosional, intelektual dan sosial. Ketiga, memupuk semangat solidaritas dan toleransi diantara sivitas akademika. Keempat, mengembangkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap pilihan disiplin ilmu. Kelima, mengembangkan sikap kritis dan kreatif mahasiswa.” tambah Ketua Panitia PBAK itu.

Tampak wajah ceria para peserta PBAK duduk di empat jalur jalan kampus yang  ditempati mereka sesuai dengan empat fakultas yang ada di IAIN Pontianak. Jalan jalur pintu gerbang ditempati 691 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Di depan Tower B arah menuju gedung Sport Center diisi oleh 561 mahasiswa FEBI, jalur jalan menuju masjid Syeikh Abdul Rani ditempati 349 mahasiswa FUAD sedangkan jalur menuju gedung Ma’had al-Jami’ah ditempati 181 mahasiswa Fakultas Syariah. Sedangkan panggung utama berada di gazebo, tepat berada di tengah bundaran 4 jalur tersebut.

Sebelum menuju gazebo, Rektor IAIN Pontianak beserta seluruh pejabat berkumpul di pelataran gedung rektorat. Kemudian tim Marching Band IAIN Pontianak menyambut dan mengiringi rombongan pejabat yang dikawal oleh Resimen Mahasiswa menuju panggung utama. Dentuman suara musik tersebut menambah meriah acara.

Penulis: Ishak
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here