Buka Seminar dan Dialog Kebangsaan, Dekan FEBI siapkan Action Plan untuk dukung dan jaga NKRI

0
127 views

Pontianak (iainptk.ac.id) — Menyikapi berbagai persoalan negatif yang terjadi dan demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam (FEBI) IAIN Pontianak menggelar serangkaian acara yang bertajuk Seminar dan Dialog Kebangsaan.

Mengangkat tema “Peran Pemuda & Mahasiswa dalam Mencegah Paham Radikalisme (ISIS) demi menjaga keutuhan NKRI”, kegiatan ini dihadiri oleh Rektor IAIN Pontianak Dr. H. Syarif, MA, Habib Abdullah Ridho bin Yahya, dan Kapolresta Pontianak kota Kombes. Pol Komarudin, S.IK, M.M. yang sekaligus menjadi pemateri pada acara FEBI kali ini.

Selain itu, perwakilan dari Gerakan Pemuda Anshor, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr. Saifudin Herlambang bersama Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Abdul Mukti Rouf juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Dr. Fachrurrazi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pontianak dalam Sambutannya ia menyebutkan bahwa mahasiswa yang hadir pada kegiatan tersebut secara langsung tersertifikasi atau Certified dalam hal wawasan kebangsaan.

“Hari ini kami menyelenggarakan suatu kegiatan yang luar biasa yang sudah menjadi target nasional target presiden, baik , aspek politik, pendidikan, sosial, budaya dan lain sebagainya. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang terlibat pada kegiatan hari ini insyaallah akan ter-Certified. Sehingga benar-benar dapat mempresentasikan keberadaan kepada ketertiban dan keutuhan bangsa dalam nilai-nilai akademis dan bukti-bukti akademis kala kami merepresentasikan keabdian negara di fakultas kami dan di IAIN Pontianak”, Katanya.

Namun disela-sela sambutannya, ia menyampaikan wacana FEBI kedepannya untuk mendukung dan menjaga keutuhan NKRI. Seperti halnya akan membangun Badan Amal dan Wakaf mahasiswa dan beberapa pusat studi berbasis Syariah.

“Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di tahun 2020 memiliki banyak Action Plan dalam mendukung keutuhan dan menjaga keutuhan NKRI. Maka pendidikan pusat studi Halal diwilayah Kalimantan Barat yang berpusat di FEBI IAIN Pontianak. Untuk kemudian dalam aspek wakaf dan amal, kami juga akan mendirikan badan amal dan wakaf mahasiswa sebagai amanah dari pak Rektor. Fakultas ini juga akan mengembangkan pusat studi Perbankan Syariah, pusat studi Inkubator Bisnis Syariah untuk pengembangan kawan-kawan yang ada di fakultas ini dan di IAIN Pontianak”, ucapnya.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 – 12.30 ini berakhir dengan pemberian cinderamata kepada pemateri.

Editor: Mulyadi
Penulis: Farli Afif dan Bambang Eko Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here