DEMI SUKSESKAN KKL-DR 2021, PANITIA GELAR RAKOR BERSAMA DOSEN PEMBIMBING

0
119 views

DEMI SUKSESKAN KKL-DR 2021, PANITIA GELAR RAKOR BERSAMA DOSEN PEMBIMBING

Dalam rangka menyukseskan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Dari Rumah IAIN Pontianak Tahun 2021, Panitia KKL-DR menyelenggarakan rapat koordinasi bersama dosen pembimbing, Senin (19/07) yang dilakukan secara daring melalui Google Meet https://meet.google.com/urd-rwjj-ron. Rapat tersebut dihadiri pula oleh Ketua LP2M IAIN Pontianak, Sukardi.

Dalam keterangannya, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LP2M IAIN Pontianak sekaligus Ketua Panitia KKL-DR 2021, Verdianti, M.Sc, Ak mengungkapkan KKL-DR merupakan bentuk pengabdian mahasiswa yang dibimbing oleh dosen dengan menekankan pada penguatan kompetensi mahasiswa, perpaduan aspek akademik, penelitian, dan sosial yang terakomodir melalui kegiatan pengabdian masyarakat dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

“Dalam hal ini setiap mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan di rumah dan lingkungan sekitar yang mencakup daerah kewilayahannya,” ungkapnya. Ia juga menjelaskan tugas utama dosen pembimbing beberapa di antaranya bertanggung jawab dalam memberikan arahan dan bimbingan yang dibutuhkan mahasiswa dalam bentuk bimbingan penyusunan rencana kerja, laporan kegiatan individu berupa artikel naratif populer dan video dokumenter. Selain itu memberikan evaluasi dan penilaian akademik terhadap aktivitas mahasiswa dan laporan secara objektif dan komprehensif.

Sementara itu, Sekretaris Panitia KKL-DR IAIN Pontianak, Dr. Mujiono, M.Pd menguraikan aspek penilaian akademik bagi peserta nantinya mulai dari pembekalan hingga tugas akhir KKL-DR itu sendiri. Pada tahap pembekalan akan dinilai dari absensi kehadiran dan resume materi. Tahap pelaksanaan dinilai dari kehadiran/aktivitas mahasiswa/perilaku mahasiswa selama KKL-DR, kemampuan sosialisasi, inisiatif, kreativitas, kepemimpinan dan/atau kerjasama kewilayahan. Tahap Laporan Individu (Tulisan Naratif dan Video Kegiatan Unggulan) dinilai dari Tulisan Naratif: Kesesuaian tema dan isi, konsistensi dan kelengkapan laporan. Video Kegiatan Unggulan: Kesesuaian tema dan isi, kreativitas dan inovasi. Catatan harian dinilai dari absen kehadiran, tabel keseharian beserta bukti dokumentasi kinerja.

Dalam kesempatan itu ia juga menjelaskan singkat terkait peran koordinator wilayah yang memiliki andil besar nantinya dalam pelaksanaan KKL-DR 2021. Menurutnya peran korwil yang utama yaitu melakukan monitoring dan evaluasi internal kewilayahan secara periodik dan berkelanjutan. Selain itu membuat laporan pelaksanaan program kerja yang dilakukan secara kolektif oleh kewilayahannya secara sistematis dan komprehensif. Bertanggungjawab mengkoordinir laporan individu mahasiswa berdasarkan kewilayahannya masing-masing serta mengkoordinir publikasi dan dokumentasi kegiatan KKL-DR di wilayahnya masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here