PONTIANAK (iainptk.ac.id) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) IAIN Pontianak menggelar Ihya’ Ramadhan. Salah satunya program Marhaban yaa Ramadhan dengan tema Menata Hati Raih Ridho Ilahi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal (3/5) pagi di Masjid Syeikh Abdul Rani Mahmud. Para undangan yang hadir adalah pegawai ASN dan Non ASN di lingkungan IAIN Pontianak.

Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA dalam sambutannya menyarankan “Kalau boleh di Bulan Ramadhan ini untuk ustadz dan Kiyai di IAIN Pontianak ceramahnya tentang hati, tentang akhlakul Karimah. Coba materi tentang bagaimana membina persaudaraan, perdamaian, saling berbagi dan saling membantu. Bagi para penulis juga demikian buatlah tulisan tentang akhlakul karimah. ” ujarnya.

“Tema hari ini sangat bagus tentang menata hati raih ridho Ilahi. Jangan anggap enteng materi ini, kalau mau menata hati harus tahu penyakit hati dulu. Bentuk penyakit hati adalah emosional, mudah marah, mudah tersinggung. Hanya Allah yang dapat mencabut penyakit hati di dada, jadi mestinya para ulama itu mengajak hati semua mukmin itu hadir dihadapan Allah saat beribadah. Terdapat di surah Al-Araf ayat 43.” tambah Rektor IAIN Pontianak.

Kepala Biro AUAK IAIN Pontianak, Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si., dalam ceramahnya menyampaikan “Hari ini kita membicarakan tentang menata hati raih ridho Ilahi. Dalam al-Quran surah Al-baqarah ayat 10, itu membicarakan soal hati. Hati sakit wajib di tata, kalau dibiarkan bisa bertambah. Kalau baca ayat jangan lempar ke orang, coba tarik ke diri kita. Jangan-jangan saya masuk wilayah ini. Cara menata hati adalah sering-sering lihat cermin diri kita, jangan banyak mengkritisi orang lain. Perbaikilah diri kita, karena yang akan mempertanggung jawabkan diri kita adalah kita.”

Selaku Ketua Panitia Ihya’ Ramadhan, Didi Darmadi, M.Let., dalam kesempatan ini melaporkan “Ini adalah rangkaian kegiatan Ihya Ramadhan yang menjadi program tahunan dari LP2M IAIN Pontianak dan hari ini kami buka kegiatan Ihya Ramadhan dengan pembinaan pegawai. Kami ada banyak program di tahun ini. Selain Marhaban yaa Ramadhan, di Bulan Ramadhan itu ada artikel yang terbit setiap hari di Pontianak Post dan Rakyat Kalbar. Ada lagi program Bincang Ramadhan yang akan tayang di Pontv dan Ruai TV. Berikutnya ada program Ramadhan Go to School dan boarding School. Kita juga ada pogram penerbitan buku dengan nama Literasi Ramadhan. Kegiatan ini dapat terlaksana atas kerjasama semua pihak.”

Penulis: Bambang Eko Prayitno
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here