Ikbal, Mahasiswa PGMI IAIN Pontianak Terpilih Ikuti Kapal Pemuda Nusantara di Sumatera Utara

0
215 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Muhammad Zaini Ikbal namanya, biasa disapa Ikbal. Ikbal merupakan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pontianak Semester VII. Ikbal berasal dari Kabupaten Mempawah. Selain menempuh pendidikan di IAIN Pontianak, Ikbal juga berperan aktif di dalam organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan. Seperti Tarang Taruna, Forum Anak Daerah, UKM Futsal Kampus, Remaja Masjid dan Rumah Literasi.

Saat ini Ikbal sedang mengikuti kegiatan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Nias Sumatera Utara 2019. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 30 Agustus hingga 21 September 2019.

Terpilihnya Ikbal dalam program Kapal Pemuda Nusantara itu banyak tahapan yang dilaluinya. Mulai dari proses mendaftar, mengikuti seleksi tingkat kabupaten. Ada beberapa tahapan tes yang Ikbal tempuh. Mulai dari test psikologi, tes pengetahuan bahari, tes pengetahuan umum, wawancara, tes lari dan tes seni budaya. Itu adalah beberapa tes yang Ikbal lalui saat seleksi di Kabupaten Mempawah.

“Alhamdulillah setelah seharian penuh mengikuti tahapan seleksi. Saya terpilih menjadi salah satu peserta terbaik yang mana ada tiga orang terpilih yaitu saya dan 2 teman perempuan asal Kecamatan Mempawah Hilir.” ucapnya.

“Setelah kami bertiga menjadi peserta terbaik, kami berusaha mempersiapkam diri untuk mengikuti Seleksi tingkat Provinsi. Dari 14 kabupaten dan kota di Kalbar, yang masing-masing mengirim 3 peserta untuk bersaing lagi di tingkat provinsi. Pada bulan Juli kami dikarantina selama 4 hari, untuk mengikuti seleksi KPN Sail Nias Sumatera Utara tahun 2019 di tingkat provinsi” ceritanya.

“Sebelumnya telah banyak persiapan yang harus saya bawa untuk kepentingan administrasi. Selain itu saya juga harus tetap belajar mengenai bahari, mempersiapankan fisik serta mempersiapkan kesenian yang harus saya tampilkan.” lanjutnya.

Proses di tingkat kabupaten/kota berlalu dan terpilihlah Ikbal untuk mewakili Kalimantan Barat dalam kegiatan Sail Nias Sumatera Utara 2019. Kegiatan Sail Nias 2019 merupakan program pemerintah dimana akan ada beberapa rute yang akan dilalui dan disinggahi seperti Jakarta – Sibolga – Nias Selatan – Lampung dan kembali lagi ke Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan daerah pesisir dan kepulauan terdepan, program ini dibawah kordinasi Kementerian Kemaritiman, Menpora yang bersinergi dengan TNI Angkatan Laut dan atas kerjasama yang baik dengan Kementerian dan BUMN. Selain itu tujuan dari KPN ialah memberikan wawasan kebangsaan dan nasionalisme pemuda, pemahaman dan informasi potensi kebaharian di Indonesia dan sebagai misi membangun relasi persahabatan pemuda di Indonesia.

“Bercerita hari pertama saya di Jakarta saat ini, dalam mengikuti pembekalan KPN Sail Nias ini. Sungguh saya sangat senang. Bisa berada di tengah-tengah pemuda terbaik dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Sungguh ini merupakan kesempatan yang sangat berarti bagi saya, bisa berlayar menggunakan kapal Perang Indonesia, belajar mengenai kemaritiman, toleransi serta persatuan NKRI. Saya juga berharap dapat mengembangkan potensi diri, berbagi cerita mengenai tradisi, adat istiadat, seni budaya serta keindahan bahari dan alam yang ada di Kalimantan Barat.” tuturnya.

Ketua Prodi PGMI, Mansur menanggapi “Saya selalu mendukung mahasiswa untuk mengikuti berbagai macam even di luar, yang mungkin tidak bisa dilaksanakan oleh kampus. Contohnya Ikbal yang ikut duta bahari. Selain itu kita juga ada Desti Puspita ikut Bujang Dare, yang berhasil terpilih sebagai Putri Persahabatan. Kita mengharapkan mahasiswa, untuk aktif di luar. Karena IAIN bukan mematikan potensi, tetapi justru potensi yang dimiliki dapat lebih dikembangkan lagi.” pungkasnya.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here