335 Mahasiswa FTIK akan PPL di Sekolah

0
153 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pontianak, menggelar kegiatan Pembekalan dan Penyerahan Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan itu merupakan salah satu kegiatan inti dalam proses perkuliahan.

Ratusan mahasiswa FTIK siap untuk mempraktikkan ilmunya di sekolah, mereka dengan rapi berkumpul di Aula Syekh Abdul Rani Mahmud pada Selasa, (03/09) pagi hingga sore.

Dr. Firdaus Achmad, M.Hum, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menyampaikan “Tujuan FTIK mengadakan PPL adalah untuk memberikan pengalaman, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktikkan, sekaligus mengalami bagaimana menjadi guru. Mahasiswa juga perlu tahu FTIK merupakan fakultas tertua di IAIN Pontianak, sehingga FTIK ini pulalah yang banyak melahirkan orang-orang sukses. Tak sedikit yang menjadi pamong PPL adalah alumni dari Tarbiyah IAIN Pontianak.” ujarnya.

Panitia PPL, Drs. Mansur, M.Pd., dalam laporannya menyampaikan “Output dari kegiatan ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman ril, tentang kompetensi profesi keguruan dan substansi materi keahliannya. Di lokasi PPL mahasiswa akan diuji untuk mengimplementasikan teori dan praktik yang sudah didapat di bangku kuliah. Jadi mahasiswa tidak hanya membuat perencanaan, melaksanakan pembelajaran, tetapi juga harus bisa mengelola kependidikan. Mahasiswa didorong untuk bisa melakukan hubungan sosial, interaksi sosial dengan siswa, dengan guru, dengan tenaga kependidikan yang ada di sekolah.” urainya.

Ketua Prodi PGMI itu menambahkan “Mahasiswa yang mengikuti PPL tahun ini berjumlah 335 orang. dengan rincian Prodi PAI 161 orang, Prodi PBA 34 orang, Prodi PGMI 114 orang dan Prodi PIAUD 26 orang. Lokasi PPL tersebar sebanyak 60 sekolah, mulai dari TK hingga SMA atau sederajat. Jumlah Guru pamong sebanyak 180 orang serta dosen jumlah pembimbing sebanyak 60 orang. Mahasiswa diberi waktu dalam melaksanakan PPL selama 3 bulan. Dimulai dari tanggal 03 September 2019.” jelasnya.

Dalam kata sambutan terakhir dari perwakilan kepala sekolah, Khairi, S.Pd., yang merupakan Kepala Sekolah SMPN 6 Pontianak menuturkan “Pada perinsipnya kami menerima mahasiswa dari IAIN Pontianak. Dalam forum ini saya sampaikan. Mahasiswa harus semangat dan memiliki tekat. Mahasiswa jangan merasa beban dengan PPL ini, karena segala sesuatu yang mudah bisa menjadi sulit. Mahasiswa harus bertekat kuat untuk menjadi guru, menjadi kepala sekolah, bahkan menjadi dosen. Kita harus terus berusaha namun jangan lupa untuk berdoa. Sekali lagi kami menerima dengan senang hati dan semoga mahasiswa bisa bekerja sama dengan kami. Dengan begitu mahasiswa akan mendapatkan pengalaman untuk menjadi seorang guru.” pungkasnya.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here