Pembukaan Perkuliahan FTIK, Plh Rektor Ajak Warga Kampus Saling Memuliakan

0
67 views

PONTIANAK (www.iainptk.ac.id) — Mengawali perkuliahan semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) mengadakan evaluasi semester genap tahun akademik 2018/2019, pembukaan semester ganjil tahun akademik 2019/2020 dan shalawat bersama di Basemant Gedung Syaifuddin Zuhri.

Hadir pada kegiatan tersebut Dr. Firdaus Achmad, M.Hum, Plh Rektor IAIN Pontianak. Dr. Ali Hasmy, M.Si, selaku Dekan FTIK, para pejabat di lingkungan FTIK IAIN Pontianak, para dosen dan tenaga administrasi serta ratusan mahasiswa baru FTIK.

Dr. Firdaus Achmad, M.Hum dalam arahannya mengatakan bahwa “Dosen atau guru, tugas utamanya adalah memuliakan, bukan hanya mencari kesejahteraan. Oleh karena itu, jika ada dosen atau guru yang mengajarnya hanya berorientasi pada kesejahteraan, maka akan berakibat adanya keluhan atau kekecewaan. Jika dosen orientasinya memuliakan, maka akan terlihat sikap membahagiakan dan keikhlasannya”, ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Pontianak itu menuturkan “Semestinya FTIK ini, menjadi contoh bagi fakultas yang lain. Mengapa demikian? Karena, FTIK salah satu orientasi kerjanya adalah melahirkan guru-guru. Tentu, yang melahirkan guru-guru adalah guru (dosen). Kalau gurunya tidak berkualitas, maka lahirlah guru yang tidak berkulitas. Nah, guru-guru yang berkualitas ini adanya dimana? Ya, di FTIK,” ujarnya disambut tepuk tangan yang gemuruh oleh hadirin.

“Dipundak bapak-ibu yang mengajar di FTIK ini, tidak hanya sekedar share pengetahuan atau membagi keterampilan. Tetapi, ada tuntutan menciptakan performa ‘kedosenan’. Maka, terserah bapak ibu menerjemahkan performa itu seperti apa” tambahnya.

Dirinya juga menyampaikan permohonan maaf, atas kesejahteraan yang belum maksimal IAIN berikan kepada bapak-ibu selama mengajar dan terima kasih kepada dosen yang mengajar atas keringat, waktu, tenaga, pengetahuan bapak/ibu yang telah disumbangsihkan kepada mahasiswa kita. Tidak ada tujuan lain yang bisa kita capai, kecuali sama-sama memuliakan. Mari kita muliakan mahasiswa, karena kemuliaan kita ada di tangan mereka. Mari kita sama-sama memuliakan diantara kita, karena memuliakan diantara kita menjadi jaminan dalam mendapatkan kemuliaan dari Allah Swt”, pungkasnya.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pontianak, Dr. Ali Hasmy, M.Si menyampaikan kriteria evaluasi kinerja dosen, yakni dengan menyampaikan penilaian mahasiswa atau hasil pertanyaan ke mahasiswa terhadap kinerja dosen. Yang pada hasilnya memperoleh nilai yang sangat tinggi. Namun demikian, masih ada juga yang masih perlu di evaluasi. Dalam kesempatan itu juga, Pak Ali, sapaan akrab beliau menyampaikan bahwa hasil penilaian mahasiswa akan diberikan kepada masing-masing dosen yang mengajar, sembari beliau menunjuk beberapa amplop putih yang sudah ditulis nama-nama dosen. tentu dilihat, diketahui dan menjadi bahan evaluasi, tutur beliau ramah.

Kegiatan yang dirangkai dengan shalawat bersama ini, juga memberikan penghargaan kepada prodi PIAUD yang mendapatkan penilaian terbaik dari mahasiswa.

Penulis: Heriansyah
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here