Kabiro Hadiri undangan Musrenbang Regional Kalimantan Tahun 2020

0
152 views

Pontianak (www.iainptk.ac.id) — Ratusan lebih undangan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Kalimantan Tahun 2020 hadir di Pondopo Gubernur Kalimantan Barat, Rabu 19 Februari 2020.

Kegiatan ini dalam rangka pembahasan usulan pembangunan regional Kalimantan Tahun 2021 dalam Forum Kerjasama Revitalisasi Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan (FKRP2RK) dengan tema “Membangun Kalimantan Menuju Peradaban Indonesia Baru”. Acara ini mengundang dari Unsur Pemerintah Pusat dan pemerintah Daerah baik dari Kalimantan Barat maupun 4 Kalimantan lainnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatangan kesepakatan (MoU) usulan pembangunan regional Kalimantan sekaligus penyerahan cinderamata dari koordinator ke masing-masing Gubernur Kalimantan serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Sutarmidji.S.H, M.Hum Gubernur Kalimantan selaku Koordinator Forum Kerjasama Revitalisasi Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan (FKRP2RK) menyampaikan sambutan dan penyampaian usulan prioritas di hadapan Mendagri dan para hadirin secara lengkap.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian., M.A., Ph.D sebelum membuka acara secara resmi beliau mengatakan “memberikan apresiasi terhadap Forum Koordinator Perencanaan dan yang termasuk cepat dalam mengadakan musrenbang ini,” terang Mantan Kapolri ini dengan ramah.

Kepala Biro AUAK IAIN Pontianak, Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si  yang menghadiri undangan Pembukaan Musrenbang ini mengatakan “kami berharap agar bisa menyesuaikan dengan apa yang diharapkan oleh Bapak Presiden. Diantara harapan adalah tahun 2020 ini adalah tahun peningkatan sumber daya manusia.  Sudah barang tentu dalam hal ini IAIN Pontianak merupakan ujung tombak dalam rangka peningkatan sumber daya manusia. Harapan ini juga tentunya kami bisa bersinergi dengan otonomi daerah yang bisa diintegrasi secara vertikal dengan kementerian agama yang mengurusi bidang pendidikan dalam hal ini IAIN Pontianak” terang beliau ramah.

Selanjutnya beliau mengatakan “apalagi kita melihat ada amanah Undang-Undang Dasar bahwa 20% dari anggaran negara kita Indonesia ini 20% nya untuk pendidikan. Artinya kesempatan untuk PTKIN bisa bekerja sama dengan instansi Pemerintah yang sifatnya Horizontal bisa dilakukan dalam upaya membangun sumber daya manusia,” tutup beliau semangat.

Pembacaan Pernyataan sikap masyarakat pulau Kalimantan terhadap pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia di Kalimantan Timur juga menjadi rangkaian pembukaan Musrenbang ini.

Editor: Mulyadi
Penulis: Heriansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here