PBAK Sukses, Plh Rektor Ajak Mahasiswa IAIN Pontianak Bersatu untuk Meraih Kemuliaan

0
191 views

PONTIANAK (www.iainptk.ac.id)–Plh. Rektor IAIN Pontianak Dr. Firdaus Achmad, M.Hum, resmi menutup Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), di Gedung Sport Center IAIN Pontianak, Kamis (29/8) siang.

Plh. Rektor IAIN Pontianak memulai sambutan dengan kisah inspiratif “Suatu ketika, ada seorang suami yang sudah agak tua. Dia sangat berkeinginan memberikan hadiah untuk istrinya. Dia lalu pergi ke supermarket. Tiba-tiba, ia melihat satu cangkir dan ia putuskan membelinya untuk sang istri. Sebenarnya ia khawatir akan hadiah yang ia akan diberikan ke istrinya. Setelah cangkir itu dibuka si nenek, sangat suka. Sang istri mengucapkan terima kasih dan menyatakan dirinya bahagia. Saat nenek itu menyimpan di suatu tempat. Cangkir itu pun berbicara dan mengucapkan terima kasih. Kenapa kamu mengucapkan terima kasih? Si cangkir menjawab, berkat kakek dan nenek saya yang dulunya hanya tanah liat, diinjak, dijemur, diukir, dan hanya jadi pajangan, kini disimpan dengan rapi dan mendapatkan kemuliaan” tutur Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga itu.

“Adik-adik mahasiswa hari ini, bagaikan filosofi tanah liat. Kalian semua sedang digembleng, ditempa, yang kemudian tidak lain akan mendapatkan kemuliaan. Kalian semua di masing-masing fakultas di IAIN Pontianak ini memiliki kelebihan semestinya kalian saling ‘berdebat’ untuk bersatu. “Berdebat” untuk bersatu bukan untuk menjatuhkan. Jika FUAD untuk mendakwahkan Islam, FTIK untuk mendidik generasi, FASYA untuk membuat peraturan dan FEBI untuk membangun dan mensejahterahkan masyarakat dari kemiskinan. Tentu akan sangat menarik jika kalian saling berintegrasi dan bersinergi. Begitu juga semua pimpinan, semestinya juga saling berintegritas dan kita semua harus bersatu,” tuturnya bersemangat.

Plh. Rektor, didampingi Ketua Senat dan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama melepaskan papan nama peserta PBAK dan memasangkan almamater secara simbolis kepada dua orang perwakilan mahasiswa baru. Hal itu sebagai simbol menandakan berakhirnya kegiatan PBAK tahun 2019 ini. Tampak para dekan dan pejabat struktural hadir dalam kegiatan tersebut.
“Hari ini PBAK ditutup, tapi hari kehidupan mahasiswa baru, dibuka. Hari ini, PBAK berakhir, tapi mulai hari ini karya-karya mahasiswa mulai diukir” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdul Mukti ketika memberikan pengantar, disambut tepuk tangan hadirin.

“Kampus IAIN Pontianak, bukan sembarang kampus. Kampus ini bagaikan kapal besar yang mengangkut aneka penumpang. Kaya-miskin, desa-kota, beragam etnis, beragam latar belakang pemikiran. Tetapi, semua itu sedang diajak menuju tujuan yang sama, yakni tercapai visi IAIN Pontianak: Ulung dan terbuka dalam kajian dan riset keilmuan, keislaman, serta kebudayaan Borneo”, lanjutnya berwibawa.
“Atas nama penanggung jawab kegiatan PBAK ini, kami harus mengucapkan terima kasih kepada semua panitia. terutama dari unsur mahasiswa maupun pihak akademik dan fakultas serta sivitas akademika IAIN Pontianak, tanpa mereka semua tidak mungkin PBAK ini berjalan sukses dengan tema “Membentuk Karakter Mahasiswa yang Berakhlak Karimah, Religius, Intelek, Moderat, dan Nasionalis” pungkasnya.

Penulis: Heriansyah
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here