PONTIANAK (iainptk.ac.id) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) IAIN Pontianak bekerja sama dengan Hikmah Sarawak-Malaysia. Mengadakan kegiatan tahunan berupa program Pengabdian pada masyarakat (PPM). Kegiatan yang sudah berlangsung selama lima tahun ini bertujuan untuk membina masyarakat muslim di wilayah Serawak-Malaysia.

Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta, ada dari UIN Antasari Banjarmasin mengutus 15 mahasiswa, dari STIT Al-Iqra’ mengutus 1 mahasiswa, dari IAIN Palangkaraya mengutus 2 Mahasiswa, dari IAIN Kerinci mengutus 5 mahasiswa, dan dari IAIN Pontianak mengutus 12 Mahasiswa. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 2 Mei hingga 31 Mei 2019.

Pada Kamis (2/5) siang di Ruang Teater, Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Firdaus Achmad, M.Hum., membuka kegiatan ini dan berpesan “Kegiatan yang adik-adik akan ikuti tidak hanya sebuah program akademik, tetapi ada sebuah amanah yang dititipkan dipundak adik-adik. Apalagi adik-adik akan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di negara tetangga. Adik-adik harus menciptakan betul satu prilaku, satu bentuk pemikiran yang memang benar-benar mewajahi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia. Amanah itu yang harus adik-adik jaga. Tunjukkan kepada mereka bahwa kita memiliki potensi untuk melaksanakan program pengabdian pada masyarakat.” nasihatnya.

Ketua LP2M IAIN Pontianak, Sukardi, SH.,M.Hum., dalam kata sambutannya menyampaikan “Kita Insyaallah berangkat malam ini dari terminal bus internasional di Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Kami juga berpesan kepada mahasiswa karena kita akan pergi ke negeri orang, maka pandai-pandailah menjaga diri di lokasi kegiatan.” pesannya.

Kegiatan pembukaan ini dilanjutkan dengan pembekalan kepada mahasiswa program pengabdian pada masyarakat tahun 2019 dengan tema Gambaran Umum tentang PPM Mandiri dan Teknis Penyusunan Laporan. Ada dua jenis laporan yang harus mahasiswa buat. Pertama, naratif reporting dan yang kedua, laporan kelompok. Pembekalan ini disampaikan oleh Dr. Imron Muttaqin, S.Pd.I, M.Pd.I sebagai Kepala Pusat Penelitian dan penerbitan LP2M IAIN Pontianak.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here