Perkuat Kerja Sama, IAIN Pontianak Temui Rektor Al-Zaituna di Jakarta

Pontianak (iainptk.ac.id) – Prof. Dr. H. Syarif, M.A., menemui Rektor Al-Zaituna, Tunisia di Wisma Kedutaan Besar Tunisia, Jakarta pada hari Kamis 4 Juli 2024.

Pertemuan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Ismail Ruslan, M.Si., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Prof. Dr. H. Saifuddin Herlambang, M.A., dan PIC Hubungan Internasional IAIN Pontianak Dr. Harjani Hefni, Lc., M.A., serta 41 lembaga yang sudah berkomitmen melakukan MoU dengan pihak Tunisia. 

Pertemuan ini bertujuan untuk menindaklanjuti kerja sama MoU antara IAIN Pontianak dengan kampus Al-Zaituna, Tunisia. Salah satu program yang akan dijalankan adalah pengiriman mahasiswa IAIN Pontianak ke Al-Zaituna.

Rektor IAIN Pontianak, Prof. Dr. H. Syarif, M.A., mengonfirmasi bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU yang diselenggarakan di Al-Zaituna, Tunisia beberapa waktu lalu.

“Kita mengadakan pertemuan dengan Rektor dari Al-Zaituna di Wisma Kedubes Tunisia, Jakarta. Salah satu poin dari pertemuan ini adalah menindaklanjuti kerja sama antara IAIN Pontianak dengan Al-Zaituna, Tunisia. Salah satu program yang akan kita jalankan adalah mengirim 6 hingga 10 mahasiswa kita untuk melanjutkan pendidikan program S2 di Al-Zaituna,” ujar Prof. Dr. H. Syarif, M.A.

Rektor IAIN Pontianak juga menyebutkan bahwa akan diadakan seminar internasional yang melibatkan IAIN Pontianak.

“Kami juga mendapatkan bahwa dari hasil pertemuan ini rencananya akan diadakan seminar internasional yang melibatkan IAIN Pontianak,” tambahnya.

Prof. Dr. H. Saifuddin Herlambang, M.A. menambahkan, “Kerja sama dengan Tunisia sudah memasuki perpanjangan kedua. Kemarin, kita diundang oleh pihak Kedubes Tunisia di Jakarta untuk menguatkan kerja sama yang sudah ada. Pihak kedutaan menawarkan agar MoU dengan berbagai universitas di Tunisia bukan hanya di bidang Islamic studies tapi juga di bidang umum dan kampus lainnya. Di Tunisia banyak kampus yang bisa diajak bekerja sama. Pada agenda kemarin, pihak Kedubes Tunisia mengundang 41 lembaga yang sudah berkomitmen melakukan MoU dengan pihak Tunisia sehingga kita bisa saling berbagi program dan bertukar informasi.”

Senada dengan hal tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Ismail Ruslan, M.Si., menjelaskan “pertemuan ini merupakan hasil dasi tindak lanjut MoU yang sudah dilakukan antar IAIN Pontianak dengan Al-Zaituna tahun lalu. Kali ini semakin diperkuat Kerjasama berupa beasiswa S2 oleh Al-Zaituna untuk IAIN Pontianak. “

Dr. Harjani Hefni, Lc., M.A., selaku PIC Hubungan Internasional IAIN Pontianak, mengatakan, “Langkah pertama yang sudah dilakukan adalah MoU saat kunjungan Pak Rektor ke Al-Zaituna. Selanjutnya, pada hari Kamis, 4 Juli 2024, Rektor Al-Zaituna berkunjung ke Indonesia. IAIN Pontianak termasuk yang diundang di Residence Duta Besar Tunisia untuk memastikan bahwa kerja sama Al-Zaituna dengan beberapa lembaga pendidikan di Indonesia tahun 2024 ini akan lebih konkret. Salah satu bentuk nyatanya adalah kemudahan bebas visa dari pemerintah Tunisia untuk warga Indonesia yang akan studi di sana. Adapun langkah teknis berikutnya masih akan ada pembicaraan lebih lanjut dengan pihak Kedubes Tunisia,” jelasnya.

penulis : Farli
editor : Bambang

Print Friendly, PDF & Email