Persiapan Capai 90%, IAIN Pontianak Siap Laksanakan PBAK Virtual Sesuai Protokol COVID-19

0
681 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Pontianak akan berlangsung 1 minggu lagi. Tepat pada tanggal 28-30 September 2020, yang disaksikan oleh mahasiswa baru secara online. Hari ini (22/9) pagi, diadakanlah kegiatan expose kegiatan BPAK ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan bahwa, persiapan pelaksanaan PBAK sudah mencapai 90 % (persen).

Plt. Rektor IAIN Pontianak, Dr. Misdah, M.Pd yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan arahan kepada panitia “Saya memberikan apresiasi kepada Warek KAK dan seluruh jajaran panitia yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan kegiatan PBAK Virtual ini sampai pada tahapan yang cukup menggembirakan, serta berharap PBAK 2020 yang dilakukan pada masa pandemi tepatnya pada tanggal tanggal 28-30 September, berjalan dengan baik dan lancar. Ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada pihak Telkomsel yang telah memberikan layanan khusus untuk kelancaran kegiatan ini. Dari informasi dan data yang saya dapat, Persiapan PBAK sudah lebih dari 90 persen. Saya yakin, masih ada waktu satu Minggu, tinggal dimaksimalkan lagi. Saya juga optimis PBAK virtual berjalan dengan sukses dan ini bisa menjadi contoh untuk PTKIN yang lain. Dalam kesempatan yang sama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdul Mukti, MA., menginformasikan “Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada pimpinan di IAIN Pontianak bahwa persiapan dari kegiatan ini sudah mencapai 90 %. Dengan begitu tidak ada kehawatiran pimpinan untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Kedua, informasi untuk mahasiswa baru, bahwa kegiatan kita sudah matang untuk dilaksanakan.”

Adapun kelebihan dari kegiatan BPAK Secara online ini “Mahasiswa bisa mengikuti kegiatan ini di rumah masing-masing dengan dukungan kuota (paket internet) yang cukup. Banyak hal-hal yang menarik akan kita sajikan, untuk diikuti oleh mahasiswa baru. Mahasiswa bisa mengikuti kegiatan ini dengan santai di rumah tetapi mendapatkan informasi serta konten yang bermanfaat, menarik dan Fun. Jadi untuk mahasiswa baru, segera berpartisipasi aktif. Mengikuti seluruh tutorialnya di akun Youtube IAIN Pontianak. Sehingga bisa mengikuti kegiatan PBAK sesuai jadwal yang sudah ditentukan.”

Kasubbag kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Bagian Akademik IAIN Pontianak, Nur’abidah, S.Pd.I., menambahkan “Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, Kegiatan kita 80% dilaksanakan secara daring dan 20% secara luring. Kegaiatan hari pertama mahasiswa baru akan memperoleh informasi berkaitan dengan Institut yang akan disampaikan oleh Pak Dirjen Pendis, Plt. Rektor, para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Kabag Akma (informasi teknis tentang akademik dan kemahasiswaan), Ketua PTID dan Kepala Perpustakaan.”

Beliau yang merupakan Sekretaris dari kegiatan PBAK ini melanjutkan “Hari kedua khusus PBAK berbasis Fakultas. Kami sepenuhnya menyerahkan kreatifitas kepada fakultas untuk memberikan pemahaman terkait Fakultas. Selain materi dari pihak Fakultas, juga ada materi dari pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di tingkat Fakultas. Sehingga pada hari kedua, mahasiswa baru mengakses materi sesuai Fakultasnya masing-masing.”

“Kemudian di hari ke tiga, khusus Ormawa di tingkat Institut yang memperkenalkan diri. Seperti dari Dewan Mahasiswa (Dema), Senat Mahasiswa (Sema), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Unit Kegiatan Khusus (UKK). Mahasiswa baru akan menikmati tontonan yang menarik dari video yang sudah dibuat oleh pengurus Ormawa. Sehingga setelah Covid-19 ini berlalu, mahasiswa baru bisa berperan aktif di kegiatan kemahasiswaan”pungkasnya.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here