Pascasarjana IAIN Pontianak Adakan Pengabdian Berbasis Riset 2020

0
560 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Dalam upaya merealisasikan Visi, Misi dan tujuan IAIN Pontianak, serta visi, misi dan tujuan Pascasarjana dan Prodi Magister di IAIN Pontianak, maka Pascasarjana mendesain kegiatan baru dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang sesuai dengan capaian stadar nasional Pendidikan Tinggi. Kegiatan ini diberi tema “Pengembangan Kapasitas Dosen Pascasarjana melalui pengabdian kepada Masyarakat berbasisi Riset”. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari bulan Juli sampai Oktober 2020. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan perdana yang dilakukan oleh Pascasarjana IAIN Pontianak.

Selaku Direktur Pascasarjana, Dr. Misdah M.Pd menyampaikan bahwa “Program ini dilaksanakan oleh Pascasarjana IAIN Pontianak, dalam rangka pengembangan kapasitas dosen melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan disiplin ilmu yang menjadi keahlian para dosen khususnya di lingkungan pascasarjana. Saya berharap kegiatan ini berjalan dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk yang dapat membantu pengembangan institusi secara umum”.

Selaku Koordinator Tim peneliti pada kegiatan ini, Dr. Sukino, M.Ag., menjelaskan bahwa “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan prodi melalui pengembangan kapasitas dosen Pascasarjana dalam bidang penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Ada 3 daerah sasaran yang di pilih, Kabupaten Sambas, Kabupaten Kubu Raya dan Kota Singkawang. Mitra pengabdian yang menjadi sasaran terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, seperti, pendidik, pendakwah, pedagang, dan ibu-ibu rumah tangga.

Selain itu “Tema-tema yang diangkat oleh Dosen cukup bervariasi. Semuanya sesuai Visi IAIN dan Visi Pascasarjana IAIN Pontianak, untuk mengembangan keilmuan dan keislaman di Borneo. Prodak dalam kegiatan ini beragam, salah satunya berbentuk buku. Setidaknya akan ada 6 buku yang lahir dari kegiatan Pengabdian Berbasis Riset ini. Buku tersebut akan di launching dan dinikmati oleh masyarakat pada tahun ini.”

Adapun yang terlibat aktif dalam penelitian ini, Dr. Misdah, M.Pd., dan Dr. H. Yapandi, M.Pd., yang melakukan penelitian di Kabupaten Kubu Raya. Tema yang disuguhkan tentang “Penguatan Soft Skill Pelatihan Kerja untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja pada Balai Latihan Kerja Komunitas Pontok Pesantren Dzalhajra Kabupaten Kubu Raya.”

Ada juga Dr. H. Hermansyah, M.Ag., dan Wahab, M.Ag., yang melakukan penelitian di Kabupaten Sambas. Mengangkat tema “Pembentukan Karakter Osok’ Masyarakat Melayu Sambas Berbasis Al-Fatihah (Studi Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Siset pada BKMT Permata Kecamatan Tebas).”

Selanjutnya ada Dr. M. Syaifullah, M.Si., dan Dr. Ichsan Iqbal, MM., Memilih lokasi di Kabupaten Kubu Raya, dengan tema yang di usung “Pemberdayaan UMKM untuk Meningkatkan Kemandirian Desa pada Kecamatan Sui. Ambawang Kabupaten Kubu Raya.”

Begitu juga dengan Dr. Rahmap, M.Ag., dan Dr. Dahlia Haliah Ma’u, M.H.I., meneliti di Kabupaten Kubu Raya, dengan mengangkat tema “Penguatan Pemahaman Hukum Keluarga dalam Membina Rumah Tangga yang Samawa Bagi Masyarakat Muslim Melalui Majlis Ta’lim Se-Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.”

Dr. Samsul Hidayat, MA., dan Dr. Abdul Mukti, MA., melakukan penelitian di Kota Singkawang, dengan tema “Halal Food On The Dragon House: Studi Makanan Halal Sebagai Soft Power Kerukunan dan Toleransi Masyarakat Multi Etnik dan Agama di Singkawang.”

Terakhir ada Dr. Sukino, M.Ag., dan Dr. Erwin, M.Ag., meneliti di Kabupaten Sambas. Mengangkat tema “Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Oleh Guru Madrasah/Sekolah di Kecamatan Sambas”.

Kegiatan pengabdian berbasisi riset yang difasilitasi oleh pascasarjana tahun ini akan menemukan Novelty pengetahuan, nilai serta keterampilan sehingga mitra pengabdian dapat memanfaatkan untuk mengembangkan profesi maupun kepribadian dalam merespon perubahan ditengah masyarakat global.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here