Plt Rektor hadiri Rapat Koordinasi Percepatan Pelaksanaan Anggaran di Aula Kanwil DJPB Provinsi Kalbar

0
467 views

Plt Rektor hadiri Rapat Koordinasi Percepatan Pelaksanaan Anggaran di Aula Kanwil DJPB Provinsi Kalbar

PONTIANAK (iainptk.ac.id) – Plt Rektor IAIN Pontianak, Dr. Misdah, M.Pd., yang juga sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Suhaimi, mengikuti rapat Koordinasi Percepatan Pelaksanaan Anggaran, yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Kegiatan ini berlokasi di Aula Kanwil DJPB Provinsi Kalbar, pada hari Senin (10/08) Siang yang dihadiri oleh 10 KPA Satker yaitu …. (sebutkan 10 satker) Adapun agenda dari pertemuan ini adalah untuk membahas upaya percepatan realisasi kegiatan/anggaran serta mengevaluasi atas realisasi anggaran di masa covid 19.


Dalam pertemuan tersebut juga dibahas bagaimana caranya untuk memperbaiki kualitas pelaksanaan anggaran. Seperti, mempercepat pelaksanaan program/ kegiatan/ proyek, Kedua mempercepat proses pengadaan barang/jasa, ketiga mempercepat dan meningkatkan ketepatan penyaluran dana bantuan sosial dan bantuan pemerintah, Keempat meningkatkan kualitas belanja melalui peningkatan efisiensi dan efektifitas, dan yang terakhir adalah meningkatkan efektifitas pelaksanaan kegiatan.

Plt Rektor hadiri Rapat Koordinasi Percepatan Pelaksanaan Anggaran di Aula Kanwil DJPB Provinsi Kalbar

Selain itu untuk meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran, hal-hal yang harus dilakukan adalah, pertama penyesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kedua meningkatkan evektifitas pelaksanaan kegiatan, ketiga meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi, dan keempat meningkatkan efisiensi pelaksanaan kegiatan.


Dalam rapat ini juga, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) memperoleh pemahaman tentang bagaimana cara mempercepat ketepatan penyaluran dana Bantuan Sosial (Bansos) dan Bantuan Pemerintah (Banper). Berbagai trik melakukan penyesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran. Disamping Informasi untuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan anggaran juga trik untuk meningkatkan kepatuahn terhadap regulasi, dan informasi lainnya berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Karena dalam situasi New Normal. Rapat yang berlangsung dengan serius ini, menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19, sehingga setiap undangan melengkapi diri dengan masker dan vace shield.


Dilain kesempatan Plt Rektor IAIN Pontianak menyampaikan “Dalam mencermati perkembangan pelaksanaan APBN di Provinsi Kalbar dan isu-isu strategis pelaksanaan anggaran pada masa keadaan darurat covid 19, maka Rakor kali ini menjadi penting sebagai informasi dan penguatan kepada satker khususnya IAIN Pontianak untuk merealisasikan anggaran secara maksimal” ujarnya. Beliau juga menambahkan “Evaluasi dan masukan dari Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalbar dalam kegiatan tersebut juga dirasakan sangat bermanfaat untuk membantu upaya percepatan pelaksanaan realisasi anggaran pada masa darurat covid 19″

Editor: Omar Mukhtar
Penulis: Bambang Eko Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here