Plt Rektor Melepas Peserta Kuliah Kerja Lapangan Dari Rumah (KKL-DR) Tahun 2020

0
239 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Plt Rektor IAN Pontianak, Dr. Misdah, M.Pd melepas peserta Kuliah Kerja Lapangan dari Rumah (KKL-DR) tahun 2020. Kegiatan pelepasan ini dilaksanakan 27/07 secara virtual. Kegiatan ini diikuti oleh 1.099 mahasiswa yang tersebar di Kalimantan Barat, uniknya tahun ini mahasiswa melaksanakan KKL di rumah/Desanya masing-masing.

Dalam katasambutannya Plt. Rektor menyampaikan “Tujuan dari KKL ini untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mempersiapkan diri kedalam masyarakat dan dunia kerja. Dengan begitu, kegiatan ini akan dapat menambah pengalaman serta meningkatkan kompetensi mahasiswa. Tujuan lainnya yang lebih substansi, mahasiswa harus lebih produktif, karena mahasiswa lebih difokuskan kepada observasi dan pengamatan sehingga mahasiswa memiliki karya ilmiah yang bisa dilaporkan ke pihak institut untuk kemudian diolah menjadi sebuah fakta-fakta lapangan.”

“Selain produktif, mahasiswa juga harus membuat karya yang inovatif. Terkait dengan hal ini, karena sekarang sedang masanya pandemi Covid-19. Maka mahasiswa betul-betul mampu menciptakan langkah yang inovotif terkait pandemi ini di daerah masing-masing. Bisa saja dari pihak Institut dalam hal ini LP2M, akan menyusun seluruh laporan-laporan itu untuk menjadi sebuah informasi yang bisa menjadi alat untuk menentukan sebuah kebijakan dari pemerintah. Hal ini dapat bermanfaat untuk Desa, Kecamatan, Kabupaten atau Provinsi. Melihat jumlah mahasiswa kita yang berjumlah 1.099 orang yang ikut KKL-DR ini, cukup potensial membuat karya ilmiah mahasiswa yang terkait pandemi Covid-19 di desa masing-masing. Hal ini akan menjadi sebuah informasi yang berharga bagi pemerintah daerah untuk mengambil sebuah tindakan atau kebijakan terkait penanganan covid-19.” Tambahnya.

Beliau berharap “Mahasiswa mampu untuk mewujudkan masyarakat yang aktif. Dengan cara kreatifitas dan produktifitas serta inovasi dari mahasiswa itu sendiri. Jadi tidak ada halangan untuk terus berdaya dalam situasi apapun termasuk situasi pandemi ini.”

Beliau menguatkan bahwa KKL-DR tahun 2020 dalam suasana pandemi Covid-19, jangan menjadikan ini sebagai alasan bagi mahasiswa untuk tidak melakukan KKL. “Jadi dalam situasi apapun tidak ada alasan untuk tidak melakukan KKL. Disamping itu juga memang KKL ini menjadi satu tuntutan matakuliah yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk menjadi syarat menyelesaikan studi di IAIN Pontianak.”

Terakhir beliau berpesan kepada mahasiswa “Saya sebagi Plt Rektor IAIN Pontianak berpesan kepada seluruh mahasiswa, anak-anakku. Pertama kalian harus tetap menjaga rasa hormat kalian kepada kedua orang tua. Kedua hormati tokoh-tokoh masyarakat, bekerja samalah dengan masyarakat dengan baik. Ketiga jaga nama baik IAIN Pontianak, sampaikanlah informasi-informasi positif kepada masyarakat. Keempat jaga nama baik kalian, dengan disiplin, tanggungjawab, agar kegiatan PPL-DR betul-betul tepat sasaran, tepat tujuan dan tepat waktu. Insyaallah semua itu akan terwujud jika kita dapat bekerja sama dengan baik.”

Salah satu mahasiswa FTIK Prodi PGMI, bernama Tarbiyah yang mengikuti kegiatan KKL-DR menyampaikan “Menurut saya dengan diadakannya KKL-DR, kami dapat menjalin silaturahmi yang lebih erat lagi dilingkungan masyarakat tempat kami tinggal. Kemudian kami juga dapat mengenal masyarakat sekitar, sehingga kami dapat mengetahui permasalahan yang ada di masyarakat. Selain itu dengan kegiatan ini, kami selaku generasi muda lebih peduli lagi terhadap lingkungan keluarga, karna biasanya kami sering jauh dari keluarga.”

Editor: Omar Mukhtar
Penulis: Bambang Eko Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here