PONTIANAK (iainptk.ac.id)–Plh Rektor IAIN Pontianak, Dr. Ali Hasmy, M.Si melaunching aplikasi E-Baper (Elektronik Barang Milik Negara dan Persediaan) di IAIN Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Saifuddin Zuhri Lt 2 pada Jum’at (31/5) siang.

Aplikasi ini merupakan proyek perubahan dari Ajeng Vashqie Varaulizza sebagai Kasubbag Administrasi, Umum dan Keuangan pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), yang merupakan peserta Diklatpim IV Angkatan XXXIII Balai Diklat Keagamaan Jakarta Tahun 2019. Aplikasi ini bisa di akses di e-baper.zethlabs.id.

“Dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah untuk mengetahui keadaan Barang Milik Negara (BMN) di setiap fakultas. Apakah kualitasnya masih baik atau sudah rusak. Setiap barang akan terdata secara online. Dengan begitu akan mempermudah untuk mengetahui lokasi dan jumlah BMN tersebut. Ini merupakan inovasi dalam bekerja, yang sebelumnya dikerjakan secara manual sekarang sudah ada aplikasinya” jelasnya saat kegiatan launching dan ujicoba aplikasi e-Baper.

Plh Rektor yang juga Dekan FTIK dalam sambutannya menyampaikan “Semua proyek perubahan seharusnya bisa diterapkan. Bahkan bisa dipakai terus menerus. Dengan begitu akan menjadi amal jariah untuk yang membuatnya. Aplikasi ini kedepannya akan kita link-kan di website IAIN Pontianak. Karena masa depan dalam bekerja harus berbasiskan internet.”

“Aplikasi ini sudah bagus, dan perlu adanya pengembangan sehingga bisa lebih bermanfaat. Dalam pengelolaan BMN kita sudah ada aplikasi resminya yaitu Simak BMN. Namun belum mengakomodir kebutuhan fakultas. Aplikasi E-Baper ada keunggulannya bisa masuk ke setiap fakultas bahkan setiap unit yang ada di IAIN Pontianak. Guna mengefektifkan dua aplikasi ini, Isi dari E-Baper harus bisa singkron dengan aplikasi Simak BMN.” tambahnya.

Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan, Suhaimi, S.Ag, M.Pd. dalam kesempatan ini mengatakan “Kita ada perubahan mindset. Sekarang peserta Diklatpim dituntut untuk melakukan perubahan dimasing-masing satuan kerja. Dulu tidak ada pekerjaan atau tugas untuk mengubah satuan kerja di instansi. Proyek perubahan ini tujuannya semakin mempermudah kerjaan di internal.” tuturnya.

Suhaimi berharap proyek perubahan ini jangan menguap. “Jangan sampai hanya di sini. Namun bisa diaplikasikan dan terus dikembangkan. Sebagai pembuat aplikasi Ajeng Vashqie Varaulizza harus tetap mengawal dan mensupport fakultas dan unit untuk menggunakan aplikasi ini. saya ucapkan selamat semoga sukses” paparnya.

Dalam launching Aplikasi ini juga hadir Kepala Subbag Keuangan dan BMN, Omar Mukhtar Al Assad, SE.Ak.,M.Ak “Kita lihat program Simak BMN punya keterbatasan. Aplikasi E-Baper lebih dari data perolehan dan penghapusan. Aplikasi ini harus diberi payung hukum, SOP. Dengan aplikasi ini kita bisa melihat kondisi barang. Kalau sudah rusak berat setiap semester bisa kita usulkan. Bukan hanya di fakultas tetapi di seluruh unit. Seluruh unit harus di survey ulang. Kami berharap aplikasi ini harus digunakan jangan ditinggal. Selama ini pengelolaan BMN sudah bagus, kami percaya dengan aplikasi ini akan lebih bagus. Adanya aplikasi ini menjadikan pekerjaan kami lebih mudah” katanya.

Sementara itu H. Tommy Hardiansyah, MM selaku mentor menyatakan apa yang dilakukan project leader melebihi dari milestone yang dijadwalkan saat seminar rancangan proyek perubahan. “Launching dan ujicoba aplikasi ini merupakan sesuatu yang perlu diapresiasi. Hal ini menjadi sesuatu nilai plus, karena melampaui dari target jangka pendek” tutupnya.

Usai launching, acara dilanjutkan dengan ujicoba aplikasi e-Baper tersebut. Tampak hadir para Kasubbag Administrasi, Umum dan Keuangan dari semua fakultas, operator persediaan, operator Simak BMN, dan seluruh JFU yang menangani Kerumahtanggaan dan BMN di fakultas yang ada di IAIN Pontianak.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here