Rektor IAIN Pontianak Lepas 30 Resimen Mahasiswa Ikuti Diksar

0
1,090 views

Pontianak (iainptk.ac.id)– Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif melepas dan membuka pendidikan dasar (diksar) Komandan Batalyon 01 IAIN Pontianak. Korps Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia angkatan 2019/ 2020 di halaman Gedung Tower B IAIN Pontianak.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor IAIN Pontianak memberikan kata sambutan dan melepas kegiatan yang tersebut pada Kamis (17/20) pagi.

Rektor berharap Resemin mahasiswa menjadi salah satu bentuk nyata bela negara di kampus. Oleh karena itu meminta khusus kepada resimen mahasiswa, menitipkan wibawa kampus kepada resimen mahasiswa.

“Resimen mahasiswa dalam tantangan negara hari ini kalian harus menjadi orang-orang yang mampu mendapatkan informasi tepat tentang bahaya komunisme dan radikalisme. Sama bahayanya. Komunisme yang anti agama bertentangan dengan Pancasila. Radikalisme dalam kelompok tertentu juga melawan Pancasila. Musuh negara adalah yang bercita-cita mengubah negara. Komandan diharapkan memiliki program dan program kalian resimen jangan hanya bergantung pada negara dalam hal ini kampus. Kalian bangun hubungan langsung terhadap lembaga negara seperti TNI, Kepolisian dan antar kampus. Diharapkan perekrutan jangan hanya satu gelombang. Kalian boleh mengajukan di luar bantuan yang telah di tetapkan. Resimen mahasiwa adalah simbol wibawa kampus. Tidak boleh ada mahasiswa IAIN yang memilki sikap intoleran dan merongrong Pancasila antar dan intern umat beragama dan antar etnis” pesannya.

Lebih lanjut rektor menjelaskan, “Keamanan kampus IAIN Pontianak seluas 4,6 hektar ini menjadi tanggungjawab kita bersama. Jangan hanya mengandalkan satpam. Adik-adik menwa juga mesti berkontribusi untuk menjaga keamanan kampus. Tanggal 22 Oktober akan ada pelaksanaan apel Hari Santri. Saya harap menwa juga hadir. Bela negara ini tunjukan di kampus. Mahasiswa sebagai simbol intelektualitas ilmiah berfikir dan berkarya berdasarkan data yang valid” tegasnya.

Tampak hadir dalam acara pelepasan resimen mahasiswa tersebut Kodim 1207/B5, Polresta Kota Pontianak dan para pejabat IAIN Pontianak. Kegiatan diksar tersebut dilaksanakan di Sungai Tempayan, 17-20 Oktober 2019.

Penulis: Abdullah
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here