-

Resmikan Diksar Menwa IAIN Pontianak, Warek III : Semoga Dapat Membentuk Karakter dan Menjadi Patriot Bagi NKRI

Pontianak (iainptk.ac.id) Sebagai bentuk regenerasi keanggotaan, Resimen Mahasiswa Batalyon 01 IAIN Pontianak mengadakan pendidikan dasar dengan tema “Membentuk generasi yang berkualitas, intelektual, dan cinta tanah air. Guna menjadi pionir bela negara dengan menjunjung tinggi Panca Dharma Satya Menwa Indonesia”.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama (Warek III) IAIN Pontianak, Dr. Ismail Ruslan, M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Dr. Samsul Hidayat MA., Staf Territorial Komando Daerah Militer (Kodam) XII Tanjungpura, Mayor Armed Dony., serta perwakilan dari Polda Kalbar dan Polres Kota Pontianak.

Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari yaitu 23-27 November 2022 dengan peserta sebanyak 22 orang. 20 calon anggota diantaranya dari Resimen Mahasiswa Batalyon 01 IAIN Pontianak dan 2 calon anggota dari Resimen Mahasiswa Batalyon 04 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mempawah.

Mayor Armed Dony, Staf Territorial Kodam XII Tanjungpura, sekaligus Pembina bidang perlawanan wilayah dan ketahanan wilayah Indonesia meyakini bahwa mahasiswa yang tergabung dalam Menwa ini rasa akan nasionalis dan kesadaran bela diri tidak dapat diragukan lagi.

“Organisasi Menwa ini bagus sekali khususnya di dalam memupuk dan meningkatkan rasa nasionalisme, pembelaan Negara, kesadaran Bela Negara, kemudian Wawasan Kebangsaan dan sebagainya ini tertumbuh disini. Soalnya di Menwa sendiri ada motivasi ataupun ada keinginan dari diri masing-masing mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini. Saya yakin kalau yang tergabung dalam Menwa ini dia tidak diragukan lagi soal nasionalisme dan kesadaran bela negaranya,” ungkapnya.

Selain itu beliau juga memastikan mahasiswa yang tergabung dalam oraganisasi Menwa ini dapat mewujudkan kampus menjadi lebih baik dan harmonis.

“Saya Yakin kalau Menwa itu aktif dan bagus. Kalau lebih banyak lagi personil Menwa di kampus ini, saya kira semuanya malah lebih bagus. Karena secara fisik maupun teori dan prakteknya ini sudah dibekali dengan Kesadaran Bela Negara, baik itu ketaatan aturan, disiplin, apa semuanya itu saya yakin kehidupan kampus ini justru malah lebih bagus dan harmonis,” ucapnya.

Ia juga berharap Menwa IAIN Pontianak dapat berpengaruh baik bagi lingkungan kampus. “Harapan saya untuk Menwa IAIN Pontianak ini yang pertama, tetap menjadi influencer ataupun jadi pengaruh buat mahasiswa yang lain. Tapi harus dengan kesadaran diri, kalaupun dipaksakan memang tidak sesuai dengan hati nurani maka akan susah. Kemudian tetap eksis, jangan minder, dan jangan pesimis,” harapnya.

 

Kemudian sebelum membuka kegiatan tersebut, Dr. Ismail Ruslan, M.Si., selaku Wakil Rektor III, dalam sambutannya mengungkapkan rasa haru dan bangganya melihat anak-anak muda khususnya mahasiswa yang masih banyak memiliki kesadaran akan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Atas nama pimpinan, kami ucapkan selamat atas pelaksanaan Diksar di IAIN Pontianak. Mudah-mudahan kegiatan ini mampu membentuk karakter saudara-saudara sekalian dan menjadi patriot bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya atas nama IAIN Pontianak, merasa bangga dan terharu karena masih banyak anak-anak muda seperti ini,” ungkapnya.

Sebelum meresmikan, Warek III juga berpesan untuk selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatan para peserta. “Mudah-mudahan kegiatan ini dalam lindungan Allah SWT. Kemudian juga untuk hari-hari berikutnya yang akan dilaksanakan di luar, tolong di jaga dan dikontrol adik-adiknya baik itu kesehatannya dan keselamatannya itu yang utama. Saya titipkan kepada Pembina dan kepada Komandan Menwa tolong jaga keselamatan selama berada diluar,” pungkasnya.

Penulis : Farli Afif dan Bambang

Editor : Omar Mukhtar

Similar Posts