-

Seminar Internasional di IAIN Pontianak: Langkah Strategis Menuju Kampus Global

Pontianak (iainptk.ac.id) – Rabu, 26 Juni 2024, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak melalui LP2M menyelenggarakan seminar bertema “Menuju Internasionalisasi Kampus IAIN Pontianak” yang bertujuan membangun hubungan kerjasama luar negeri. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Abdurrani Mahmud IAIN Pontianak pagi hingga siang.

Seminar ini dihadiri oleh para pejabat IAIN Pontianak dan mendatangkan pemateri terkemuka di bidang hubungan internasional, antara lain Prof. Dr. Ardi Marwan, M.Ed (Dosen Politeknik Negeri Pontianak, pernah menjadi Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Jerman), Dr. Techn Zairin Zain (Direktur Kantor Urusan Internasional Universitas Tanjungpura), dan Ibu Ufi Ruhama, S.Pd., M.Pd (Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Muhammadiyah Pontianak).

Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne IAIN Pontianak. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Ismail Ruslan, M.Si, mewakili Rektor IAIN Pontianak, menyampaikan sambutan dan secara resmi membuka acara seminar.

“Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan untuk menghadiri kegiatan seminar ini. Amanah dari Pak Rektor, di periode kedua beliau ini, IAIN Pontianak akan menekankan peningkatan bidang akademik, salah satunya dengan membangun hubungan kerjasama luar negeri dengan beberapa universitas, seperti UNIMAS,” ucap Dr. Ismail Ruslan.

Beliau juga menyampaikan beberapa prestasi mahasiswa IAIN Pontianak di kancah internasional. “Sudah ada beberapa mahasiswa yang mendapatkan sertifikat pengabdian masyarakat berskala internasional dari beberapa kampus luar negeri, seperti UNIMAS dan Universitas Teknologi Sarawak,” ungkapnya.

Menurut Dr. Ismail Ruslan, kegiatan internasional ini merupakan langkah strategis bagi IAIN Pontianak untuk meningkatkan kualitas kampus. “Kami juga akan terus memberikan akses kepada mahasiswa dalam bentuk student mobility guna meningkatkan kualitas kampus kita. Insya Allah, kami akan memperluas jangkauan student mobility hingga ke Brunei Darussalam,” tambahnya.

Seminar ini diakhiri dengan doa penutup, menandai pembukaan resmi kegiatan tersebut. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi jembatan terbaik bagi IAIN Pontianak dalam meningkatkan kualitas akademik dan akreditasi unggul di kancah internasional.

Penulis : Aditya
Editor : Bambang

 

Print Friendly, PDF & Email