Siapkan Pembukaan Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab, Pascasarjana IAIN Pontianak lakukan FGD

0
222 views

Siapkan Pembukaan Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab, Pascasarjana IAIN Pontianak lakukan FGD

Pontianak (iainptk.ac.id) – Pascasarjana IAIN Pontianak menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan ini bertemakan Studi Kelayakan Pembukaan Program Studi (Prodi) Baru Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Pertemuan secara virtual ini berlangsung menggunakan aplikasi Zoom Meeting, pada hari Kamis (22/10) pagi hingga siang. Adapun pembicara utama dalam kegiatan ini, Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.Ag.

Acara resmi ini dibuka langsung oleh Plt. Rektor, sekaligus Direktur Pascasarjana IAIN Pontianak, Dr. Misdah, M.Pd., dalam kesempatan ini beliau menyampaikan “Pascasarjana IAIN Pontianak telah berupaya untuk melakukan tahapan-tahapan yg menjadi bagian dari proses untuk pengembangan prodi di lingkungan pascasarjana IAIN Pontianak dan ini adalalah salah satu ikhiar pimpinan untuk mendukung program alih status dari IAIN menjadi UIN, disamping program pemekaran fakultas yg telah direncanakan.

Beliau juga menjelaskan “Pascasarjana IAIN Pontianak saat ini sudah ada dua Prodi, Pertama ada Prodi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) dan kedua Prodi Magister Ekonomi Syariah (ES). Sekarang sedang on going dalam proses akreditasi. Kami Berikhtiar sejak 2019 untuk membuka dua Prodi baru, yaitu Prodi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Prodi Magister Bimbingan Konseling Islam (BKI). Dua Prodi ini sesungguhnya sudah siap untuk kami submit ke Kementerian. Melihat tahun 2020 Pascasarjana IAIN Pontianak memiliki Program Pengembangan Prodi Baru. Sehingga kami tambah satu lagi Prodi yang SDM dosennya sudah memadai, yaitu Prodi Magister PBA.”

Beliau menambahkan “Perlu kami laporkan disini sebagai Direktur Pascasarjana IAIN Pontianak, bahwa setelah Kegiatan Studi Kelayakan Pembukaan Program Studi (Prodi) Baru Magister PBA ini termasuk setelah pelaksanaan workshop kurikulumnya nanti, maka kami Insyaallah, tahun depan sudah siap dengan visitasi tiga Prodi Magister KPI, Magister BKI dan Magister PBA.”

Beliau melanjutkan “Kegiatan hari ini adalah bagian dari proses untuk persiapan pembukaan Prodi MPBA. Sebagai informasi untuk Prodi Magister KPI dan Magister BKI pada tahun 2019, kami sudah melakukan studi kelayakan dan Workshop Kurikulum, Audiensi, dan membuat kerjasama-kerjasama dengan instansi terkait, salah satunya dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalbar. Begitu juga dengan Prodi Magister PBA, akan melakukan hal yang sama.”

“Saya ucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada seluruh Tim Pembukaan Prodi Baru. Saya berharap, kegiatan ini bermanfaat dan semoga ini menjadi awal yang baik bagi IAIN Pontianak untuk menjadi kampus terdepan. Kampus yang ulung dan terbuka dalam kajian dan riset keilmuan, keislaman dan kebudayaan Borneo.” Pungkasnya.

Oleh : Bambang Eko Priyanto

Editor : Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here