Sosialisasi-SPBE-IAIN-Pontianak-Memiliki-12-Sistem-Berbasis-Elektronik
-

Sosialisasi SPBE, IAIN Pontianak Memiliki 12 Sistem Berbasis Elektronik

Semarang (iainptk.ac.id) Dalam rangka implementasi Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Kementerian Agama menyelenggarakan acara Sosialisasi Keputusan Menteri Agama Nomor 788 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kementerian Agama.

Kegiatan ini menghadirkan para pimpinan dan pemangku kebijakan pada Kanwil Kemenag Provinsi dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). Sosialisasi ini diselenggarakan pada Jum’at, (27/05/2022) di Harris Hotel Sentraland Semarang.

Turut hadir dari IAIN Pontianak, Rektor, Dr. H. Syarif, S.Ag., MA., Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Data (PTID), Dr. Imron Muttaqin, S.Pd.I., M.Pd.I., selanjutnya ada Perencana Ahli Muda, Noviansyah, S.Pd.I., serta Pranata Humas Pertama, Bambang Eko Priyanto, S.Kom.I.

Rektor IAIN Pontianak menunjukkan keseriusannya untuk mengembangkan SPBE di IAIN Pontianak, dengan langsung hadir dalam kegiatan sosialisasi. Hal ini selaras dengan salah satu program kerjanya, yaitu Smart Campus.

Rektor IAIN Pontianak menginginkan, dengan kehadiran dari berbagai pemangku kebijakan yang ada di IAIN Pontianak, diharapkan SPBE dapat terus diperbaiki dan dikembangkan untuk pelayanan yang lebih bermanfaat, transparan dan mudah.

Kepala PTID saat ditemui dilokasi kegiatan menyampaikan hal yang harus ditingkatkan dari aplikasi yang ada, “Saat ini IAIN Pontianak memiliki 4 vendor yang berbeda dan belum single sign on semua. Sehingga perlu aplikasi untuk menyambungkan antara 4 vendor yang berbeda tersebut. Kedepannya akan kita integrasikan sehingga satu data saling menyambung. Paling Penting saat ini integrasi antar data sehingga bisa saling menyatu.”

Beliau berharap, Output dan Outcame dari aplikasi ini adalah untuk dosen, pegawai dan mahasiswa. Semua itu berlandaskan pada kebutuhan. Sehingga aplikasi yang ada bisa betul-betul bermanfaat bagi semua.

Saat ini, tak kurang dari 12 sistem aplikasi yang dimiki oleh IAIN Pontianak, serta aplikasi ini juga sudah memiliki anggaran belanja pemeliharaan. Hal ini dilakukan sebagi wujud nyata dari Program Kerja Smart Campus yang salah satu item pentingnya ada system aplikasi yang berbasis elektronik. Adapun aplikasi tersebut adalah.

  1. Siakad (Sistem Informasi Akademik IAIN Pontianak)
  2. E-Monev (Mengelolah data kuesioner)
  3. E-Performance (Sistem yang BKD sendiri mencakup kegiatan pokok, seperti merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran, membimbing dan melatih, melakukan penelitian, melakukan tugas tambahan, serta melakukan pengabdian kepada masyarakat.)
  4. Helpdesk (Aplikasi Pelayanan di Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data)
  5. E-learning (Aplikasi / Sistem Pembelajaran Online)
  6. E-Office (Aplikasi Persuratan dan Disposisi Surat)
  7. Ana B System (Sistem Aplikasi yang Berfungsi untuk Menyusun Rencana Kerja dan Anggaran dalam Bentuk RAB yang Terformat).
  8. Digi R System (Sistem Aplikasi untuk Memantau Capaian Realisasi Anggaran dan Monitoring Penyelesaian Laporan Kegiatan di Setiap Unit Kerja).
  9. E-Presensi (Aplikasi untuk Mencatat Kehadiran)
  10. E-SKP (Aplikasi untuk Pembuatan SKP)
  11. E-Data/ Bank Data Pegawai (Sistem Informasi Data Pegawai, Terintegrasi dengan Data Induk pada Biro Kepegawaian Kementerian Agama)
  12. Single Sign One (Sistem yang Digunakan untuk Manajemen Akses Pengguna dan Sistem Informasi yang Ada).

Penulis : Bambang Eko Priyanto

Editor : Omar Mukhtar

Print Friendly, PDF & Email