Strategi Belajar: Nilai, Ilmu & Harapan Kerja

0
79 views

14627942_120300000503241304_1650838700_n

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Pontianak menggelar Studium General pada hari Jumat (7/10) mengusung tema “Strategi Belajar: Nilai, Ilmu & Harapan Kerja di Era Global”, kegiatan ini sejatinya dihadiri oleh mahasiswa FSEI.

Studium general FSEI menghadirkan Prof Dr H Samion M Pd. Dalam presentasinya Rektor IKIP PGRI Pontianak ini memaparkan bahwa keinginan untuk berkembang pada setiap mahasiswa dapat memberikan dampak positif untuk menentukan keberhasilan akademik.

“Selain waktu belajar, memiliki strategi belajar yang kuat juga akan membawa dampak pada nilai, ilmu dan harapan kerja setelah menyelesaikan masa pendidikan”, katanya.

Menurut Samion, belajar dan berkembang adalah bagian penting dari penentu perjalanan di masa mendatang. Jadi, aturlah waktu dan cara secara proporsional berikan semangat untuk berpikir secara kritis dan kematangan logika sangat diperlukan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri sebelum mencapai hasil maksimal dalam studi. Termasuk, belajar bukan lagi persiapan untuk bekerja, tetapi belajar adalah bekerja untuk menemukan cara mengoptimalkan kualitas diri.

Lebih lanjut dia menjelaskan, banyak prinsip dalam belajar yang dapat diuraikan, tambahnya, diantaranya adalah belajar yang paling baik adalah melibatkan emosi, seluruh tubuh, semua indera, dan segenap kedalaman serta keluwesan pribadi.

Strategi belajar dapat dimulai dengan melakukan persiapan yang baik, cerdas dalam pengelolaan diri, dan mampu menerapkan keterampilan belajar melalui cara-cara belajar menyenangkan namun berpusat pada tujuan yang jelas. Strategi belajar juga dilakukan dengan melatih keterampilan berkomunikasi seperti melatih diri pada saat melakukan presentasi.

Dengan keluwesan, tutupnya, ia menyadari bahwa orang belajar dengan cara-cara yang berbeda. Mengkaitkan sesuatu dengan hakikat realitas yang nonlinear, nonmekanis, kreatif dan hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here