PONTIANAK (iainptk.ac.id) – Pascasarjana IAIN Pontianak mengadakan kegiatan Studium General dengan tema Instrument Ekonomi Islam dalam Mewujudkan SDGs di Era Digital 4.0. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Biro AUAK Lt 2. Pada Jumat (24/5) pagi. Peserta yang hadir adalah mahasiswa Pascasarjana dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Ekonomi Syariah.

Kedepan Pascasarjana akan membuka dua prodi yaitu Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Prodi Bimbingan dan Konseling Islam. Beberapa minggu yang lalu Pascasarjana juga sudah mengadakan FGD untuk membahas Prodi baru ini. IAIN Pontianak terus menambah prodi baru dan mengembangkan fakultas yang ada guna menuju target dari IAIN Pontianak menuju Universitas Islam Negeri (UIN).

Direktur Pascasarjana, Dr. Misdah, M.Pd memperkenalkan Pemateri dari Kegiatan Studium General ini adalah Prof. Dr. Muhammad Said yang merupakan Ketua Program Doktor Perbankan Syariah di UIN Jakarta dan pakar dalam hal Ekonomi Syariah. Dr. Misdah, M.Pd berharap Prof. Dr. Muhammad Said bisa menjadi dosen terbang di Pascasarjana. Tujuannya untuk menambah wawasan mahasiswa pascasarjana Prodi Ekonomi Syariah.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA menyampaikan Kita berharap mahasiswa dapat mengeksplor yang ada pada Prof. Dr. Muhammad Said. Karena beliau adalah duta ekonomi syariah dari Indonesia, yang sudah keliling dunia. Mahasiswa juga harus belajar untuk menjadi manusia yang arif dan jujur. Terutama dalam sikap ilmiah. Jadikan sikap ilmiah tidak hanya dalam tulisan atau membuat disertasi tetapi berprilaku juga harus secara Ilmiah.

Pada bulan Ramadhan kita semua melakukan riadho atau latihan untuk mengontrol hawa nafsu dengan cara tidak makan dan tidak minum serta tidak melakukan hubungan intim suami istri. Dengan latihan kita bisa menahan yang halal, diharapkan juga dengan latihan ini yang haram bisa kita jauhi. Hawa nafsu itu merupakan penyakit hati. Kita diharapkan tidak marah dan mampu memaafkan. Dengan begitu kita bisa menjadi seorang mukmin. Seorang mukmin sejati akan Allah berikan hidayah didirinya” demikian pesan Rektor IAIN Pontianak.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here