PONTIANAK (humas.iainptk.ac.id) – Luar biasa! Literasi Santri Milenial berlanjut. Setelah sukses melaksanakan kegiatan Ihya’ Ramadan Goes to School di SMTI Pontianak, Ponpes Hidayatul Muhsinin, dan MAN 2 Pontianak beberapa waktu lalu, Tim Ihya’ Ramadan Goes to School kembali melanjutkan safarinya di MAN 3 Pontianak, Gg. Flora, Batu Layang, Pontianak Utara, Kota Pontianak Sabtu (25/5).

Hadir sebagai narasumber dalam kesempatan kali itu, Kassubag TU LP2M, Mulyadi, M.Pd. Tampak pula segenap dewan guru beserta siswa-siswi MAN 3 Pontianak.

Ketua Panitia Ihya’ Ramadan, Didi Darmadi, M.Lett mengungkapkan bahwa kegiatan ini dapat mendorong setiap siswa untuk berfikir, berfantasi, berimajinasi tentang apapun yang ada dalam benaknya. Sehingga segala hal yang ditulis menjadi bagian yang tulus dan tak terlupakan. “Inti dari kegiatan ini menumbuhkan kepercayaan diri, kemauan, serta tekad setiap siswa dalam menulis. Jika selama ini dalam benaknya menulis itu susah. Namun kali ini kita buat menjadi mudah. Menghasilkan karya harus dimulai dari yang ‘sepele’. Karena yang demikian dapat memacu semangat untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi ke depannya.” ungkapnya.

Sementara itu, Kassubag TU LP2M, Mulyadi, M.Pd sekaligus narasumber Ihya’ Ramadan Goes to School di MAN 3 Pontianak mengatakan “Menulis itu sangat mudah sekali. Modal utamanya adalah kemauan. Saya teringat dengan kalimat yang terpampang jelas di beranda Facebook yaitu Apa yang Anda pikirkan? Nah, kegiatan menulis kali ini harus dimulai dengan pertanyaan tadi. Tulis segala hal yang ada dalam benak kalian. Biarkan itu mengalir apa adanya. Biasanya yang seperti itu akan berawal dari kejujuran. Jujur itu salah satu modal utama dalam menulis.” jelasnya.

Ihya’ Ramadan Goes to School merupakan terobosan terbaru yang diinisiasi oleh Panitia Ihya’ Ramadan LP2M IAIN Pontianak. Kegiatan yang dimulai semenjak tahun lalu ini mengakomodir bakat dan minat siswa melalui tulisan dan menerbitkannya menjadi sebuah buku. Semenjak dilaksanakan pada tahun 2018, kegiatan Ihya’ Ramadan Goes to School telah menghasilkan 3 buku hasil karya siswa-siswi MAN 1 Pontianak, SMA 3 Pontianak, SMK 3 Pontianak, dan SMA Haruniyah Pontianak.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here