PONTIANAK (iainptk.ac.id)–Ratusan pengurus Ormawa IAIN Pontianak mengikuti acara 2019 Ormawa berbenah, Senin (25/02) di Gedung Teater Biro AUAK Lantai II.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiwaan dan Kerjasama, Dr. Abdul Mukti Rouf, MA menjadi pembicara utama dalam kesempatan tersebut. Turut hadir Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Suyati, S.Ag serta Kassubbag Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Nur ‘Abidah, S.Pd.I.

Dr. Abdul Mukti, MA, menyampaikan kenapa ada istilah Berbenah, karena dilapangan kita menemukan ada persoalan-persoalan yang perlu kita benahi bersama. Bukan dibenahi Wakil Rektor, Bu Kabag atau Bu Kasubbag saja, tetapi dibenahi secara bersama-sama” paparnya bersemangat.

“Ada tiga aspek atau persoalan yang harus kita capai dan benahi. Pertama, pembenahan tata kelola, agar menjadi organisasi yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan penyamaan periodisasi kepengurusan, pembenahan dan pembaharuan logo ormawa, ketetapan dalam menyusun program dan laporan tahunan, Penyusunan Program dan kegiatan Berbasis akreditasi, Penguataan Prestasi, dan Inovasi” jelas Wakil Rektor III.

Selanjutnya Ia memaparkan, Kedua: Inovasi dan prestasi. Hal ini dilakukan dengan Kegiatan ORMAWA, Dokumentasi ORMAWA, Medsos ORMAWA, Waktu Kegiatan ORMAWA, Daftar Prestasi ORMAWA. Artinya Seluruh kegiatan harus didokumentasikan dan dipublikasikan melalui saluran komunikasi internal dan eksternal sesuai dengan prinsip-prinsip jurnalistik yang kredibel serta kualitas dokumentasi yang baik dan diviralkan melalui media sosial yang ada. Termasuk berupa buletin dan channel youtube. Setiap pengurus Ormawa wajib memiliki saluran medsos minimal 2 akun sebagai media untuk mempublikasikan saluran kegiatan secara mandiri. Setiap Ormawa juga wajib memiliki daftar kegiatan mingguan, bulanan,turun tahunan (timeline). Setiap ormawa juga wajib mengisi daftar prestasi (format seragam yang diseragamkan).

Ketiga, Bersama dan bersatu untuk semua. Anda berprestasi masing-masing itu penting. Tapi berprestasi bersama itu juga penting. Contohnya kita melakukan bulan kampus bersih. Contohnya juga memiliki sekretariat bersama yang bersih, asri, nyaman, dan menginspirasi. Saya punya cita-cita jika tanpa uang, kita bisa berinovasi dan berkreasi. Tahun 2019 ormawa berbenah dengan aksi bersih dan destinasi wisata kampus. Ini merupakan tugas kita bersama misalnya mewujudkan Taman ORMAWA dan lain-lain, harap beliau dengan senyuman khasnya disambut tepuk tangan yang meriah oleh mahasiswa.

Penulis: Heriansyah
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here