Waspada COVID-19, IAIN Pontianak Alihkan Perkuliahan ke Sistem E-Learning

0
265 views

Pontianak (iainptk.ac.id) — Kasus Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia setiap harinya terus bertambah. Sementara itu, Kota Pontianak merupakan satu dari beberapa kota di Indonesia yang terinfeksi Virus Corona dinyatakan sejak beberapa hari yang lalu. Hingga hari ini (18/3) Gubernur Sutarmidji telah menetapkan Kalimantan barat dalam status Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Corona.

Mengenai hal ini, pemerintah provinsi Kalimantan barat melalui surat edarannya untuk menghentikan sementara aktivitas rutin, seperti halnya di Sektor Pendidikan terutama sekolah terpaksa diliburkan hingga waktu yang ditentukan. Lalu kampus juga demikian, Mahasiswa tetap harus berkuliah dengan sistem daring (Online).

Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan sistem perkuliahan Online dilingkungan IAIN Pontianak, melalui Surat Edaran (SE) Rektor Nomor: 03 Tahun 2020 yang terhitung 16 sampai 27 Maret 2020 untuk menggunakan E-Learning.

Aplikasi yang dikembangkan oleh IAIN Pontianak ini merupakan sistem yang dikembangkan secara khusus untuk mendukung proses pembejaran secara Online dan bersifat blended learning serta fokus pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Sistem dikembangkan menggunakan insfrastruktur internet, sehingga dapat diakses dari luar kampus IAIN Pontianak. Sistem ini dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa menggunakan akun Single Sign On (SSO).

Dalam aplikasi E-Learning IAIN Pontianak juga dapat melakukan beberapa hal antara lain:

  1. Menginput materi dalam bentuk file, text, dan Uniform Resource Locator (URL), dan Video Tutorial seperti tautan atau Link Video Eksternal
  2. Dapat menginput tugas dalam bentuk File.
  3. Mengupload atau mengunggah tugas mahasiswa dalam bentuk File
  4. Dapat melakukan penilaian tugas secara online.
  5. Dan yang terakhir, dalam aplikasi ini juga dapat melakukan Diskusi Interaktif.

Aplikasi tersebut dikembangkan agar perkuliahan di IAIN Pontianak dapat terus berjalan hingga perkuliahan tatap muka dikelas kembali diadakan.

Untuk mengakses aplikasi E-Learning IAIN Pontianak dapat membuka tautan berikut ini:

http://siat.iainptk.ac.id/

Kemudian agar tidak kebingung dalam menggunakan aplikasi tersebut sudah disiapkan tutorial khusus Dosen:

https://www.youtube.com/watch?v=687rsPU-s8w&t=4s

Selain itu, juga tersedia Tutorial Khusus Mahasiswa IAIN Pontianak, Berikut Tautannya:

https://youtu.be/HGA-I9E0GeA

Dengan hadirnya Aplikasi E-Learning IAIN Pontianak, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Data (PTID) IAIN Pontianak berharap Aplikasi ini dapat dioptimalkan dalam rangka waspada COVID-19.

Editor: Mulyadi
Penulis: Farli Afif dan Bambang Eko Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here